OPTIMALISASI KECEPATAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS DENGAN KEPERCAYAAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KANTOR UPPD SAMSAT KABUPATEN KARANGANYAR)

Denny Mahendra, Jarot Santosa, Aris Tri Haryanto

Abstract


The purpose of this study was to determine, analyze and prove empirically the effect of the influence of service speed on taxpayer trust and taxpayer satisfaction. The influence of taxpayer trust has a significant effect on taxpayer satisfaction. The effect of service speed on taxpayer loyalty. The influence of taxpayer trust has a significant effect on taxpayer loyalty. The population in this study which became the population was all taxpayers of Samsat UPPD Dipenda Central Java, Karanganyar Regency, amounting to around 2,733 people per week (data taken on March 21, 2020). In this study, a number of 100 samples were taken, so the research was a sample study by means of accidental random sampling. The use of accidental random sampling method is because every day the taxpayer always changes. Accidental random sampling is a technique for obtaining research data with respondents who can be met at the time the research was conducted. Service speed has a significant effect on taxpayer trust. Service speed has a significant effect on taxpayer satisfaction. Trust has a significant effect on taxpayer satisfaction. Service speed has a significant effect on taxpayer loyalty. Trust has a significant effect on taxpayer loyalty.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh Pengaruh kecepatan pelayanan terhadap kepercayaan wajib pajak dan kepuasan wajib pajak. Pengaruh kepercayaan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Pengaruh kecepatan pelayanan terhadap loyalitas wajib pajak. Pengaruh kepercayaan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh wajib pajak Samsat UPPD Dipenda Jawa Tengah Kabupaten Karanganyar yang berjumlah sekitar 2.733 orang per minggu (data diambil tanggal 21 Maret 2020). Dalam penelitian ini diambil sejumlah 100 sampel, sehingga penelitiannya merupakan penelitian sampel dengan cara accidental random sampling. Penggunaan metode accidental random sampling dikarenakan setiap hari wajib pajak selalu berganti. Accidental random sampling yaitu suatu teknik untuk mendapatkan data penelitian dengan  responden yang dapat ditemui pada saat penelitian dilakukan. Kecepatan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan wajib pajak Kecepatan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak Kecepatan pelayanan   berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wajib pajak. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wajib pajak.


Keywords


kecepatan pelayanan; kepercayaan; kepuasan wajib pajak; loyalitas wajib pajak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/be.v18i1.5621

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/be.v18i1.5621.g3898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Denny Mahendra, Jarot Santosa, Aris Tri Haryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.