DAMPAK COVID-19 PADA UMKM BATIK DI SOLO RAYA DI DALAM MENCAPAI KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KEBERHASILAN USAHA

Septiana Novita Dewi, Ambar Wariati

Abstract


This study aims to determine the quality of products and perceptions of business success at SMEs Batik in Solo Raya by looking at aspects of consumer confidence. The analysis technique used is path analysis with a population of 700 SME Batik companies in Solo Raya. The sampling technique is random sampling based on the amount of 10%, ie 70 SME Batik companies in Solo Raya. The results of this study indicate that product quality has a significant positive effect on consumer confidence in SMEs Batik in Solo Raya, thus hypothesis 1 is proven. Perception of price has a significant positive effect on consumer confidence in SMEs Batik in Solo Raya, so hypothesis 2 is proven. Product quality has a significant positive effect on business success at UMKM Batik in Solo Raya, thus hypothesis 3 is proven. Perception of price has a significant positive effect on business success at UMKM Batik in Solo Raya, so that hypothesis 4 is proven as well as a significant positive effect on customer confidence in business success at UMKM Batik in Solo Raya, so hypothesis 5 is proven. The results of the calculation of path analysis are not effective as mediating variables between product quality and price perceptions of business success. Effect of product quality directly on business success Being the most dominant variable in the success of the SME Batik business in Solo Raya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dampak kualitas produk dan persepsi harga terhadap keberhasilan usaha pada UMKM Batik di Solo Raya dengan melihat aspek kepercayaan konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan jumlah populasi sebesar 700 perusahaan UMKM Batik di Solo Raya. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling berdasarkan dari 10% jumlah populasi, yaitu sebesar 70 perusahaan UMKM Batik di Solo Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 1 terbukti. Persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 2 terbukti. Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan usaha di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 3 terbukti. Persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan usaha di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 4 terbukti serta terdapat pengaruh yang positif signifikan kepercayaan konsumen terhadap keberhasilan usaha di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 5 terbukti. Hasil perhitungan analisis jalur kepercayaan tidak efektif menjadi variabel mediasi antara kualitas produk dan persepsi harga terhadap keberhasilan usaha. Pengaruh kualitas produk secara langsung terhadap keberhasilan usaha menjadi variabel paling dominan dalam mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM Batik di Solo Raya.

Keywords


kualitas produk; persepsi harga; kepercayaan; keberhasilan usaha; UMKM batik solo raya; covid-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/be.v18i1.5625

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/be.v18i1.5625.g3879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Septiana Novita Dewi, Ambar Wariati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.