Prediksi Terjadinya Scaling Berdasarkan Analisa Output Curve Pada Sumur Panas Bumi

Dewi Asmorowati

Abstract


Faktor penting di dalam pengoperasian suatu lapangan panas bumi adalah keberlanjutan produksi dan masalah-masalah yang mempengaruhinya. Masalah-masalah yang sering muncul disuatu lapangan panas bumi adalah scaling, korosi dan problem mekanis. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memperkirakan adanya masalah di sekitar lubang sumur hingga permukaan adalah metode analisa deliverability. Analisa dilakukan berdasarkan interpretasi data dan grafik deliverability yang pernah dilakukan oleh Grant. Dalam penelitian ini, data diambil dari 3 sumur yang berbeda dari salah satu lapangan panas bumi di Indonesia. Dari hasil analisa sumur A, B dan C telah mengalami penurunan produksi. Output curve sumur A menunjukkan penurunan produksi sebesar 60-85%, yang disebabkan oleh perpindahan titik flashing. Perpindahan ini terlihat dari peningkatan nilai dryness dari 7-14% di tahun 1997 menjadi 13-15% di tahun 2010. Pada sumur B penurunan produksi yang terjadi sekitar 50%, yang disebabkan oleh penurunan tekanan reservoir. Penurunan tekanan reservoir terlihat dari penurunan tekanan pada feed zone yaitu 27 bar di tahun 1997 menjadi 20 bar di tahun 2010.  Sumur C juga menunjukkan penurunan produksi sebesar 29% yang disebabkan oleh pergerakan titik flashing.

Full Text:

PDF

References


Grant, Malcolm A.; Donaldson, Ian G.; Bixley, Paul F., 1982, Geothermal Reservoir Engineering, A Subsidiary of Harcourt Brace Javanovich Publisher, New York, London.

Gudjonsdottir, Maria; Eliasson, Jonas; Axelsson, Gudni; Palsson, Halldor and Saevarsdottir, Gudrun, 2012, Effect Of Flow Configuration On The Relative Permeabilities Of Water And Steam In Two Phase Flow In Geothermal Reservoirs, Proceedings, Thirty-Seventh Workshop on Geothermal Reservoir Engineering, Stanford University, Stanford, California

Khasani, 2002, Study on Well Deliverability Using Wellbore Model Coupled with Radial Flow in Reservoir, Department of Earth Resources Engineering, Graduate School of Engineering, Khyusu University.

Menzies, Anthony J., 1982, Flow Characteristics and Relative Permeability Functions for Two Phase Geothermal Reservoirs from a One Dimensional Thermodynamic Model, Department of Petroleum Engineering, Stanford University.

Orkiszewski, J., 1967, Predicting Two-Phase Pressure Drops in Vertical Pipe, Journal of Petroleum Technology.

UU number 27/2003.

Villaluz, Anson L., 2005, Relative Permeability of Fracture Rock, Stanford Geothermal Program, Stanford University.

Vivar, Jesus de LeOn, 1988, Deliverability Of Geothermal Reservoirs, The United Nations University, Geothermal Training Programme Reykjavik, Iceland Report 2.

www.need.org.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Kebumian Teknologi Mineral (JIK TekMin) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics