KEBERADAAN DAN KETERSEDIAAN AIR TANAH DI KOTA MAGELANG

Puji Pratiknyo

Abstract


Kota Magelang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang perkembangannya relatif cepat di berbagai sektor. Selaras dengan perkembangan Kota Magelang di berbagai sektor tersebut membutuhkan dukungan untuk memenuhi kebutuhan percepatan perkembangan dan kelangsungan kehidupan.  Salah satu yang dibutuhkan adalah sumberdaya alam yang berupa air. Karena sumberdaya air permukaan yang jumlahnya terbatas maka perlu dukungan sumber daya air tanah.

Dengan menggunakan peta tematik yang menggambarkan kondisi sumber daya air yang ada di Kota Magelang, yaitu Peta Hidrogeologi dan Peta Cekungan Air Tanah, dan dengan metode perhitungan menggunakan rumus Hukum Darcy dapat diketahui keberadaan dan besarnya ketersediaan air tanah.

Hasil yang didapatkan adalah bahwa air tanah di Kota Magelang berada pada 2 kelompok akuifer, yaitu: 1). Akuifer dengan sistem aliran melalui ruang antar butir, setempat melalui rekahan dan 2). Akuifer dengan melalui rekahan dan ruang antar butir. Besarnya ketersediaan air tanah di Kota Magelang dengan menggunakan Peta Hidrogeologi berbeda dengan hasil perhitungan ketersediaan air tanah dengan menggunakan Peta Cekungan Air Tanah. Besar ketersediaan air tanah berdasarkan Peta Hidrogeologi adalah  8,04 Juta m3/th. Sedangkan hasil perhitungan ketersediaan air tanah dengan menggunakan Peta Cekungan Air Tanah adalah 9,18 Juta m3/th.


Keywords


keberadaan; ketersediaan; air tanah; hidrogeologi; cekungan; akuifer

Full Text:

PDF

References


Hendri Setiadi, 2008, Peta Cekungan Air Tanah Provinsi Jawa Tengan dan DIY, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun Bandung.

Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 26 Tahun 2011 tentang Penetapan Cekungan Air Tanah.

Todd, D.K., 1980, Groundwater Hydrology, Second Edition, John Wiley & Sons, New York Chichester Brisbane Toronto.

Wayan Murdiyana, 2006, Peta Hidrogeologi Indonesia, Lembar Magelang dan Semarang, Direktorat Geologi Tata Lingkungan Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Jurnal Mineral, Energi dan Lingkungan Indexed by:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics View My Stats