OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMUR TUA DALAM RANGKA PENINGKATAN PRODUKSI MINYAK NASIONAL DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Sudarmoyo Gunanto

Abstract


Indonesia memiliki banyak sumur tua yang masih berpotensi untuk direaktivasi, hal ini menjadi fokus penelitian ini. Dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan produksi minyak bumi dalam suatu Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Kontrak Kerja Sama (KKS) yang didalamnya terdapat sumur-sumur tua dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi sumur tua, maka Menteri ESDM menetapkan Peraturan Menteri (Permen) No. 1 tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi pada Sumur Tua. Terkait dengan terbitnya Permen tersebut, SKKMIGAS bersama Kementrian ESDM (cq ditjen Migas dan Setjen ESDM) dan PT PERTAMINA EP menyusun Pedoman Tata Kerja dengan tujuan sebagai pedoman kerja untuk SKKMIGAS dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) dalam menangani permohonan KUD/BUMD tentang pengusahaan minyak bumi pada sumur tua. Dengan adanya peraturan dan pengawasan yang jelas, usaha pengembangan pengelolaan sumur tua dapat menjadi penggerak perekonomian bagi warga sekitar. Aspek keamanan, lingkungan, kesehatan warga dan pelaku industri dapat terjaga dengan baik. Dengan terlibatnya BUMD/KUD dalam pengelolaan sumur tua, diharapkan menjadi permulaan peran usaha daerah di sektor migas Indonesia. Pengembangan pengelolaan sumur tua relatif berbeda dengan pengelolaan sumur aktif di industri perminyakan pada umumnya. Penelitian ini membahas tentang sumur tua dari aspek definisi, tahapan perijinan, metoda pemilihan kandidat, sikap dan persepsi masyarakat sekitar sampai teknologi yang berkembang saat ini untuk pengelolaan sumur tua. Optimalisasi pengelolaan sumur tua menjadi tidak ekonomis jika menggunakan Standart Teknologi Perminyakan yang ada saat ini,. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi RIG Tepat Guna dan Pompa APTG yang sesuai dengan karakteristik sumur tua, agar efisien, ekonomis dan memenuhi standar HSE di industri perminyakan.

 

Kata kunci :  RIG Tepat Guna , Pompa APTG, Pengelolaan sumur tua


Full Text:

PDF

References


Mudjiono et al., 2001, “Exploration of the North Madura Platform, Offshore East Java Indonesia”: Prosiding Indonesian Petrol Assoc. 28th Ann. Conv., pp 707-726.

Heru P.S, “Re-produksi Sumur-Sumur Tua di Wilayah Cepu dan Sekitarnya Sebagai Upaya Meningkatkan Produksi Minyak Nasional”, Simposium dan Konggres IX IATMI 2006 di Jakarta.

Heru P.S, “Dokumentasi Pengelolaan Sumur-sumur Tua Wilayah Cepu Dan Sekitarnya, 2003-2008

............ Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, nomor 01 tahun 2008 tentang pedoman pengusahaan pertambangan minyak bumi pada sumur tua.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.