Uji Laboratorium Efektivitas Biosurfaktan “U-Champ” dalam Bioremediasi Oil Spill

Harry Budiharjo, Joko Pamungkas, Sri Rahayu Gusmawarni, Kevin Yudha Perwira

Abstract


Menurut penelitian tahun 2014 oleh Silva et al., tumpahan minyak bumi (Oil Spill) merupakan salah satu dampak lingkungan yang serius dari kegiatan industri migas (petroleum industries). Salah satu upaya dalam mengelola tumpahan minyak tersebut yaitu dengan menggunakan bioremediasi berupa biosurfaktan. Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah telah menjadi tambang minyak bumi tradisional sejak tahun 1893. Dari tambang inilah banyak terjadi tumpahan minyak proses produksi. Penelitian yang dilakukan yaitu pengujian keefektifan biosurfaktan pada tanah tercemar Cepu dalam penurunan TPH, pH, dan logam berat. Metode yang dilakukan dengan cara mengaduk tanah tercemar dengan larutan osmosis murni, biosurfaktan, dan katalisator. Berdasarkan dari hasil pengujian, terjadi penurunan TPH dari 13,49% menjadi 9,39% dan penurunan tingkat keasaman dari 9,21 (basa) menjadi 7,16 (netral). Beberapa logam berat pada tanah mengalami penurunan namun beberapa pula justru mengalami peningkatan, seperti Ba dari kadar 249,6 ppm menjadi 302,9 ppm dan Se dari kadar 1,5 ppm menjadi 2,6 ppm. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan penambahan variabel kontrol seperti sifat fisik tanah, sehingga dapat dilakukan pengujian yang lebih optimal untuk sampel tanah tersebut.


Full Text:

PDF

References


Emeritus. 2001. “Biosurfactant and Their Application for Soil Bioremediation”, N.KOSARIC. Vol 39 No 4 (295-304)

Hidayat, Syarif. 2009. Pengaruh Variasi Suhu dan Pengadukan terhadap Produksi Biosurfaktan oleh Azotobacter vinelandii dalam Fermenter 10 Liter. Bandung : Laporan Tugas Akhir Departemen Teknik Lingkungan

Kusumawati, Eko; Wignyanto; dan Kholiq, M.Abdul. 2012. “Aplikasi Bakteri Untuk Bioremediasi Lahan Tercemar Minyak Bumi (Crude Oil) Menggunakan Teknik Biopile”. Polhasains. Vol 3 No 1 (1-11)

Nuryana, Dwi. 2017. “Review: Bioremediasi Pencemaran Minyak Bumi”. Journal of Earth Energy Engineering. Vol 6 No 2 (9-13)

Rocha e Silva, N.M.P; Almeida, D.G.; Rufino, R.D.; Luna, J.M.; Santos, V.A.; Sarubbo, LA (2014), “Applications of Biosurfactants in the Petroleum Industry and the Remediation of Oil Spills”, International Journal of Molecular Sciences.

Sianipar, Merry dan Kardena, Edwan. 2011. “Pengaruh Penambahan Biosurfaktan Sebagai Prapengolahan Lumpur dalam Menurunkan TPH Melalui Oil Recovery pada Teknik Bioremediasi Fase Slurry”. Jurnal Teknik Lingkungan. Vol 7 No 1 (23-34)




DOI: https://doi.org/10.31315/jmel.v3i2.2992

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jmel.v3i2.2992.g2477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This Journal indexed to :

Crossref Content Registration

Crossref Content Registration

JMEL on GS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Statistik Jurnal Statistik Jurnal