Exergy Pada Surface Facilities Lapangan Panasbumi Hululais

Eko Widi Pramudiohadi, Maria Theresia Kristiati Eko Andreastuti

Abstract


Abstrak. Lapangan Hululais, adalah lapangan panasbumi di bawah menejemen  PT Pertamina Geotermal Energi, akan membangun 2 x 55 Mwe, Tahap pertama membangun 1x55 Mwe, dengan memilih tekanan kepala sumur tertentu dari out put curve untuk dapat memenuhi pembangunan tahap pertama.

Peneliti mencoba menghitung dalam rangka pemenuhan kebutuhan tahap pertama dengan jalan menghitung penurunan entalpi fluida merupakan fungsi tekanan dan temperatur fluid, profil kehilangan  tekanan diperoleh dari persamaaan Beggs dan Brill dan profil kehilangan temperatur dari hukum keseimbangan energi, dengan menggunakan manipulasi matematika Newton Rapson dua dimensi, untuk mendapatkan penurunan tekanan dan temperatur secara serentak pada suatu segmen pipa. Sedangkan exergy merupakan energi yang berguna setelah dikurangi panas yang terbuang kesekitar disamping kehulu, dengan melihat exergy di kepala sumur, di input separator dan input turbin yang terkecil merupakan pilihan yang optimum.  Disamping itu daya yang dapat dibangkitkan oleh pembangkit merupakan fungsi dari entalpi dan massa uap.

Hasil yang optimum dari skenario ke tiga , menyatakan, pada pipa dua fasa 16 inch hingga 28 inch sedangkan pada pipa  satu fasa uap menggunakan diamater 16 inch sd 36 inch, semua pipa dilapisi dengan isolasi 8 cm, menggunakan rockwooll isolasi, pada pipa dua fasa, besarnya kehilangan tekanan 0,623 bar, penurunan temperatur 1,9083 oC, dan menghasilkan penurunan entalpi 0,211 kj/kg dan pipa satu fasa uap kehilangan tekanan 3,8761 bar, penurunan temperatur 14,6922 oC, dan  penurunan entalpi 13,783 kj/kg. Jarak antara separator dan turbin bevariasi, dari jarak yang terjauh 6460 m sampai yang terdekat berjarak 1824 m, dengan diameter terkecil separator 1,29 m dan diameter terbesar 1,73 m, sampai turbin inlet, massa uap yang masuk 94,01 kg/s,tekanan  8,45 bar, temperatur 177,4 oC, harga exergy di turbin 76,77 MWth, Daya yang dapat dibangkitkan 56,431Mwe.


Full Text:

PDF

References


Abdassah, Doddy. Ph.D.. Teknik Eksploitasi Panasbumi. Teknik Perminyakan. ITB. 1992.

Chillinger, George V, Handbook of Geothermal Energy. Gulf Publishing Company : University of Southern California, Texas, 1982.

Freeston D. H., Geothermal Technology : Teaching The Teachers, Course Stage III, Bandung, 1996.

Hawkins, George A., Elements Of Heat Transfer And Insulation, John Willey and Sons, Inc., New York, 1957.

Ahern, John E,.The Exergy Method of Energy System Analysis, A.Wiley Interscience Publication,

New York.

Pramudiohadi E. W., Optimasi Pipa Salur Fluida Panasbumi Untuk Reservoir Dominasi Air, Tesis Magister, Teknik Perminyakan ITB, Bandung, 1999.

Saptadji N M., Kehilangan Tekanan di Pipa Alir Fluida Panasbumi, Versi 1, Kelompok Studi Panasbumi ITB, Bandung, 1998.

Sukarno, Pudjo, Mucharam Leksono., Aliran Fluida Multifasa Minyak Dalam Pipa, Jurusan Teknik Perminyakan Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral, ITB, Bandung, 2000.

Shin Nihon, Young., Ernst. (2011). Study On Geothermal Power Development Project in Hululais Indonesia. JETRO.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmel.v6i1.5434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This Journal indexed to :

Crossref Content Registration

Crossref Content Registration

JMEL on GS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Statistik Jurnal Statistik Jurnal