Karakterisasi Sifat Fisik Dan Kimia Tanah Pada Lahan Bekas Tambang Batubara Yang Telah Direklamasi

Dhimas Aji Pramaditya

Abstract


Pertambangan batubara di Indonesia sebagian besar menerapkan sistem penambangan secara terbuka (open pit mining). Sistem penambangan terbuka dapat berdampak pada penurunan kualitas tanah dan ekosistem. Hilangnya lapisan pada tanah membuat sifat fisik dan kimia tanah menjadi terganggu. Sehingga diperlukan upaya reklamasi pada tanah pasca tambang batubara untuk memperbaiki kualitas sifat fisik dan kimia tanah agar dapat berfungsi sebagai media tumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisasi dan keragaman sifat fisik dan kimia pada tanah di lahan pasca tambang di PT. X dengan usia lahan reklamasi yaitu 1 tahun, usia 2 tahun, dan usia 3 tahun dengan kondisi topografi slope dan flat. Sifat fisik yang diuji meliputi tekstur tanah, bulk density, permeabilitas, dan kemantapan agregat, serta sifat kimia tanah meliputi pH tanah, C-organik, N-total, P-total, K-total, kejenuhan basa dan kapasitas tukar kation (KTK). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi lapangan yang dilanjutkan dengan analisis hasil sampel ke laboratorium. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji parameter dan analisis sifat fisika dan kimia tanah pada lahan reklamasi bekas tambang batubara usia 1 tahun, 2 tahun, dan 3 tahun cendrung memiliki sifat fisika dan kimia yang rendah. Sifat fisika dan kimia pada topografi slope cenderung lebih baik khususnya pada usia lahan 2 tahun untuk beberapa parameter dibandingkan dengan topografi slope, meskipun pada keduanya masih cenderung dalam kategori rendah. Parameter sifat kimia tanah (KTK, C-organik, P-total) mengalami peningkatan sebanding dengan meningkatnya parameter fisika (permeabilitas, bulk density, dan kemantapan agregat). Berdasarkan hasil analisis parameter- parameter pada penentuan status kesuburan tanah, seluruh usia lahan reklamasi bekas tambang batubara masih dalam kategori status kesuburan rendah.


Full Text:

PDF

References


Angers, D.A., Caron, J., 1998. Plant-induced changes in soil structure: Processes and Feedbacks. Biogeochemistry 42, 55–72.

Bao, N., Wu, L., Ye, B., Yang, K., & Zhou, W. (2017). Assessing soil organic matter of reclaimed soil from a large surface coal mine using a field spectroradiometer in laboratory. Geoderma, 288, 47-55.

Efriandi, E. (2019). Pengaruh Penggalian Tanah Untuk Industri Batu Bata Terhadap Sifat Fisika Tanah Pada Lahan Pertanian. AGRIEKSTENSIA: Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 18(2), 142-150.

Hamid, I., Priatna, S. J., & Hermawan, A. (2019). Karakteristik beberapa sifat fisika dan kimia tanah pada lahan bekas tambang timah. Jurnal Penelitian Sains, 19(1), 23-31.

Hermawan, B. (2012). Peningkatan kualitas lahan bekas tambang melalui revegetasi dan kesesuaiannya sebagai lahan pertanian tanaman pangan.

Iskandar, I., Suryaningtyas, D. T., Baskoro, D. P. T., Budi, S. W., Gozali, I., Saridi, S., ... & Dultz, S. (2022). The regulatory role of mine soil properties in the growth of revegetation plants in the post-mine landscape of East Kalimantan. Ecological Indicators, 139, 108877.

Kuncowati, E., Priatna, Sj, & Rohim, Am (2020). Kandungan Bahan Organik Tanah Pada Berbagai Umur Reklamasi Lahan Pasca Tambang Batubara (Disertasi Doktor, Universitas Sriwijaya).

Malau, R. S., & Utomo, W. H. (2017). Kajian sifat fisik tanah pada berbagai umur tanaman kayu putih (Melaleuca cajuputi) di lahan bekas tambang batubara PT Bukit Asam (Persero). Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 4(2), 525-531.

Rahmayuni, E., & Rosneti, H. (2017). Kajian Beberapa Sifat Fisika Tanah Pada Tiga Penggunaan Lahan Di Bukit Batabuh. Jurnal Agrosains dan Teknologi, 2(1), 1-12.

Sembiring, I. S., Wawan, W., & Khoiri, M. A. Sifat Kimia Tanah Dystrudepts Dan Pertumbuhan Akar Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Yang Diaplikasi Mulsa Organik Mucuna Bracteata. Doctoral dissertation. Pekanbaru: Universitas Riau.

Ussiri, D.A.N., Lal, R., Jacinthe, P.A., (2006). Soil properties and carbon sequestration of afforested pastures in reclaimed minesoils of Ohio. Soil Sci. Soc. Am. J. 70, 1797–1806.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmel.v6i2.8022

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jmel.v6i2.8022.g5273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This Journal indexed to :

Crossref Content Registration

Crossref Content Registration

JMEL on GS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Statistik Jurnal Statistik Jurnal