Keragaan Sifat Agronomi dan Hasil Lima Genotip Kedelai Generasi F3 Hasil Persilangan

Lagiman - -, Basuki - -

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menilai keragaan sifat agronomik dan hasil, serta memilih genotip kedelai F3 berdaya hasil tinggi. Lima genotipe kedelai F3 masing-masing 100 biji dipiih dari 20-22 genotip pada F2 diuji di Kebun Riset PT. Indmira di Dusun Purwodadi Jl. Kaliurang km 19 Sleman pada bulan Mei sampai dengan September 2012. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok dengan tiga ulangan. Setiap genotip ditanam pada petak berukuran 4 m x 3 m dengan jarak tanam 40 cm x 30 cm. Pengolahan tanah dan teknik budidaya dilakukan secara intensif. Sifat agronomik dan hasil yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah polong isi, jumlah biji per tanaman, bobot biji per tanaman, dan jumlah ruas subur. Hasil penelitian menunjukkan genotip 11 hasil persilangan tetua Argomulyo dengan Wilis pada kelompok kedelai kuning menunjukkan sifat superior pada sifat agronomik dan hasil yang diamati. Pada kelompok kedelai hitam, genotip 04 hasil persilangan Detam dengan Argomulyo menunjukkan sifat superior pada sifat sifat agronomik dan hasil yang diamati. Kedua genotip berpotensi unggul tersebut perlu diuji sifat agronomik dan hasil pada generasi lanjut.


Keywords


Genotip, sifat agronomi, hasil, kedelai

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Basuki, Lagiman, B. Rochim. 2012. Heterosis Hasil dan Komponen Hasil 14 Genotip Kedelai F1 untuk Menunjang Ketahanan Pangan. Prosiding Seminar Nasional: Peran Pertanian dalam Menunjang Ketahanan Pangan dan Energi untuk Memperkuat Ekonomi Nasional Berbasis Sumberdaya Lokal. Purwokerto, 19 September 2012.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. 2011. Kebijakan dan Program Pengembangan Kedelai Mendukung Swasembada Kedelai Tahun 2014. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Kedelai Menuju Swasembada. Malang, 29 Juni 2010.

Krisnawati, A. dan M. Adie. 2008. Ragam Umur Masak Kedelai dan Kontribusinya terhadap Hasil Kedelai. Agritek 17 (11): 1-7.

Krisnawati, A. 2011. Karakteristik Hasil dan Komponen Hasil Galur Kedelai F6 Berukuran Biji Besar. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Kedelai Menuju Swasembada. Malang, 29 Juni 2010.

Kusbini, B.A. 2011. Permasalahan, Tantangan dan Peluang Pen-capaian Swasembada Kedelai. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Kedelai Menuju Swasembada. Malang, 29 Juni 2010.

Sumarno dan M. Adie. 2011. Strategi Pengembangan Produksi Menuju Swasembada Kedelai Berkelanjut an. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Kedelai Menuju Swasembada. Malang, 29 Juni 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License
Agrivet by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/agrivet is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats