RESPONS PERTUMBUHAN STEK UBI KAYU (Manihot esculenta) VARIETAS KETAN TERHADAP MACAM DAN TEKNIK APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR

Ananda Dwika Permata, Adhi Surya Perdana, Muhammad Habibullah

Abstract


Pupuk organik cair (POC) berbahan dasar limbah cair sebagai pendukung pertumbuhan tanaman ubi kayu. Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan macam, teknik aplikasi dan interaksi antara macam dan teknik aplikasi pupuk organik cair yang tepat guna meningkatkan respon pertumbuhan stek ubi kayu. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Tanjungsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua perlakuan yang diulang sebanyak tiga kali, dengan perlakuan yakni kontrol, POC cucian beras, lindi dan campuran menggunakan teknik aplikasi kocor, semprot dan rorak. Analisis data secara statistik menggunakan ANOVA dan Uji DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan macam pupuk organik cair berpengaruh terhadap bobot kering akar dengan berat tertinggi pada perlakuan pupuk campuran sebesar 2,03 g. Perlakuan teknik aplikasi pupuk organik cair tidak berpengaruh nyata pada semua parameter. Perlakuan interaksi antara macam dan teknik aplikasi pupuk organik cair berpengaruh nyata pada parameter klorofil pada daun, dengan hasil tertinggi pada perlakuan pupuk campuran dengan teknik rorak sebesar 1,177 mg/g. Hal ini menunjukkan bahwa penambahan bobot kering akar mempengaruhi pertambahan klorofil pada daun karena adanya bakteri fotosintesis yang dapat menambat N untuk meningkatkan fungsi klorofil dan merangsang pemanjangan sel akar.


Keywords


Fotosintesis, Pupuk Organik Cair, Teknik Aplikasi, Ubi Kayu

References


Danuji dan Sukamto. 2019. Potensi asosiasi bakteri fotosintetik synechococcus sp. dengan bibit kakao (Theobroma cacao L.). Jurnal Biologi dan Konservasi. 1(1): 35-46.

Dimiati dan Wahyono. 2017. Uji pemanfaatan pupuk organik cair lindi dengan penambahan bakteri starter terhadap pertumbuhan tanaman hortikultura (Solanum Melongena dan Capsicum Frutescens). Jurnal Teknik ITS. 6(2).

Nadhira A., dan Y. Berliana. 2017. Respon cara aplikasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Jurnal Warta 5(1).

Noviyanty, A. dan A. Salingkat. 2018. The effect of application of rice dishwater and manure as organic fertilizer to the growth of mustard (Brassica juncea L,). Agroland: The Agriculture Science Journal. 5(2), 74 – 82.

Priyono, Anang. 2021. Mengenal Bakteri Foto Sintesa dan Manfaatnya. Disatanpangan Bali. Bali.

Raharjo, A. P. 2020. Simulasi penempatan rorak sebagai bentuk pengoptimalan konservasi air. Jurnal Alami. 4(2): 123-133.

Rahmawan. I. S., A. Z. Arifin dan Sulistyawati. 2019. Pengaruh pemupukan kalium (k) terhadap pertumbuhan dan hasil kubis (Brassica Oleraceae Var. Capitata, L.). Jurnal Agroteknologi Merdeka Pasuruan. 3 (1): 17-23.

Rahmayanti. 2018. Pengaruh konsentrasi pupuk organik cair dan cara aplikasinya terhadap ketersediaan dan serapan N tanaman sawi (Brassica Juncea L.) pada tanah ultisol. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Rosniawaty, S., dkk. 2019. Pengaruh cara aplikasi pupuk anorganik terhadap pertumbuhan bibit kakao kultivar Sulawesi 1. Jurnal Agrosintesa. 2(2): 71-76.

Saputro, A.S.H., 2011. Pengaruh aplikasi bakteri fotosintetik Synechococcus sp. terhadap laju fotosintesis tanaman kedelai. Skripsi. Universitas Jember.

Soegiman. 2010. Ilmu Tanah. Batara Karya Aksara. Jakarta.

Sudarmonowati, E., N.S. Hartati., dan A. Fathoni. 2018. Biodiversitas Perakitan Klon Unggul dan Pemanfaatan Bioresources Ubi kayu untuk Mendukung Ketahanan Pangan. LIPI Press. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/agrivet.v28i2.8189

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/agrivet.v28i2.8189.g4984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by: