APLIKASI BERBAGAI JENIS MIKROORGANISME LOKAL (MOL) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L)

Afri Rona Diyanti, Yopa Dwi Mutia, Ermawati Ermawati, Aslan Sari Thesiwati, Lestalia Putri

Abstract


Produksi kacang tanah  di Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan nasional, rendahnya produksi kacang tanah di sebabkan kurang optimalnya budidaya terutama pemupukan yang tidak berimbang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi tanaman kacang tanah adalah aplikasi pupuk organik MOL. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan MOL yang tepat terhadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan perlakuan 5 jenis MOL yaitu Kontrol, MOL Kulit Pisang, MOL Kol, MOL Bayam dan MOL Tomat dengan konsentrasi masing-masing 300 ml/L. Data hasil pengamatan aplikasi MOL Kulit Pisang dengan konsentrasi 300 ml/l mampu meningkatkan produksi kacang tanah menjadi 4,25 ton/ha.


Keywords


MOL, kacang tanah, pertumbuhan, produksi

References


Agustina, N. 2016. Pemanfatan Limbah Organik Kubis (Brassica oleraceae) menjadi Pupuk Cair Organik dengan Cara Fermentasi. Jurnal Inovasi Proses, Vol. 1 No. 2. Yogyakarta.

Badan Statistik Sumatera Barat. 2022. Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Kacang Tanah pada Kota dan Kabupaten. Diakses 27 November 2022.

Indrasti, N. S. 2012. Pendoman Pengelohan Tanaman Kacang Tanah. Dirjen Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Jakarta.

Lindung. 2015. Teknologi Mikroorganisme Em4 dan MOL. Kementrian Pertanian. Balai Pelatihan Pertanian Jambi.

Nugraha, B. 2017. Pengaruh Pemberian Ampas Teh dan POC buah Pisang terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Kedelai (Glycune max L) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Saragih, E. F. 2016. Pengaruh Pupuk Cair Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca forma typical) terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Caisim (Brassica juncea L) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Syamsudin, A., Purwaningsih dan Asnawati. 2012. Pengaruh Berbagai Macam Mikroorganisme Lokal Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terong pada Tanah Aluvial. Jurnal Ilmu Tanah. 17(2).

Titania, E. P. R. V., dan Siswanto. 2021. Pemanfaatan Kulit Nanas dan Kulit Pisang sebagai Pupuk Organik Cair. Jurnal ChemPro Vol. 2 No. 1 (2021) hal 53-58

Panudju, T. I. 2011. Pedoman Teknis Pengembangan Rumah Kompos.

Purwasasmita, M. 2009. Mikroorganisme Lokal Sebagai Pemicu Siklus Kehidupan Dalam Bioreaktor Tanaman. Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia.Bandung, 19-20 Oktober 2009.

Yulin, L., Dan Iswandi, A. 2013. Studi Mikrobiologi dan Sifat Kimia Mikroorganisme Lokal (MOL) Yang Digunakan pada Budidaya Padi Metode SRI. Jurnal Sainteks 2 (10) : 35-46




DOI: https://doi.org/10.31315/agrivet.v28i2.8419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by: