Analisis Strategi Pemasaran Biji Kopi Roasting pada Pier Coffee Roasters Di Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

Davin Ramadhian Bustan, Indah Widowati, Budiarto Budiarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1). Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman penjualan biji kopi roasting pada Pier Coffee Roasters, 2). Mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan biji kopi roasting pada Pier Coffee Roasters. Metode penelitian menggunakan metode Deskriptif. Metode penentuan lokasi adalah purposive. Metode pengambilan responden menggunakan metode purposive. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan kuisioner. Teknik analisis data Evaluasi Faktor Internal (IFE), Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), matriks Strengths, Weakness Opportunities, Threats (SWOT), matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor internal kekuatan pada Pier Coffee Roasters yaitu Pier Coffee Roasters menggunakan bahan baku biji kopi mentah (green bean) yang berkualitas. Sedangkan faktor internal kelemahan pada Pier Coffee Roasters yaitu Pier Coffee Roasters teknologi peralatan Pier Coffee Roasters yang masih kurang maksimal. Faktor eksternal yang menjadi peluang pada Pier Coffee Roasters adalah teknologi internet sebagai sarana promosi biji kopi roasting. Sedangkan ancaman pada Pier Coffee Roasters adalah bertambahnya usaha yang sejenis. (2) Strategi yang tepat untuk Pier Coffee Roasters adalah melakukan strategi memperluas pengenalan produk biji kopi roasting dengan mengikuti kegiatan pameran kopi sehingga masyarakat luas dapat lebih mengenal produk Pier Coffee Roasters.

 

Kata Kunci: Evaluasi Faktor Internal, Evaluasi Faktor Eksternal, Kopi, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM.

Full Text:

PDF

References


David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P. dan Armstrong, Garry. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, Kustiawati. 2014. Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) Dan Matriks External Factor Evaluation Buah Naga Organik (Hylocereus Undatus). Jurnal Ilmiah Agromix 5 (1), 1-6. Universitas Islam Madura.

Ong, Ian Antonius dan Sugiharto, Sugiono. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan

Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran 1 (2), 1-11.

Universitas Kristen Petra.

Pratiwi, Afionita Rizky, 2020. Strategi Pengembangan Usaha Kopi Organik pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mandiri Sejahtera Ngrancah, Grabag, Kabupaten Magelang. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol.21 No.2: 190-204. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Putra, I Nengah Widiana, 2019. Perumusan Strategi Pemasaran Bali Ragam Busana Dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Teknik Industri 6 (2), 7317-7324. Universitas Telkom.

Setyorini, Hany., Effendi, Mas’ud dan Santoso, Imam. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan

QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 5(1): 46-53.

Universitas Brawijaya.

Umar, Husein. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.