Analisis Potensi Sektor Pertanian dalam Perekonomian Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah

Indah Makmur, Budi Widayanto, Dwi Aulia Puspitaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Potensi sektor pertanian dalam perekonomian Kabupaten Banjarnegara, (2) Tingkat pertumbuhan penyerapan tenaga kerja, (3) Daya saing sektor pertanian Kabupaten Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara, lembaga terkait dan sumber-sumber lain seperti jurnal, literatur lain yang terkait dengan penelitian ini. Metode pengambilan data pada penelitian adalah studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi paling tinggi sebesar 460.853,4 juta atau 22,4% (ditunjukkan oleh nilai Dij/pergeseran bersih) , (2) Sektor pertanian di Kabupaten Banjarnegara memiliki tingkat pertumbuhan penyerapan tenaga kerja sebesar 19,7% atau mampu menyerap sebesar 12.172 jiwa (penyerapan tenaga maju/progresif), (3) Selama kurun waktu 2017-2021 sektor pertanian, kehutanan dan perikanan Kabupaten Banjarnegara memiliki daya saing atau keunggulan komparatif dengan nilai RCA sebesar 2,22 dan nilai RSCA sebesar 0,38.

Kata Kunci: Penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi, potensi wiIayah, sektor pertanian

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2015). ApIikasi AnaIisis Shift Share pada Transformasi Sektor Pertanian daIam Perekonomian WiIayah di SuIawesi Tenggara. Informatika Pertanian.

Astrini, Ni Nyoman Ayu Putrri. (2014). Analisis Daya Saing Komoditi Crude Palm Oil (CPO) Indonesia Tahun 2001-2012. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. 4(1):44513.

Bangun, Rita Herawati. (2018). Analisis Prioritas Pembangunan Wilayah Berdasarkan Sektor Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumatera Utara. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian dan Pengembangan. 2(1):19-35.

BaperIitbang. (2021). Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021. Banjarnegara: Badan Perencanan PeneIitian dan Pengembangan Kabupaten Banjarnegara

BPS. (2021). Kabupaten Banjarnegara DaIam Angka 2021. Banjarnegara: Badan Pusat Statistika.

Harahap, Mailina, Siregar, Gustina dan Riza, Fetra Venny. (2021). Mapping the Potential of Village Agricultural Social Economic Improvement Efforts in Lubuk Kertang Village Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat. JASc (Journal of Agribusiness Sciences). 4(1):8-14.

Harahap, Rif’an M. (2011). AnaIisis Sub Sektor UngguIan yang Berdaya saing Pada Sektor Pertanian di Kabupaten Iangkat. JurnaI Qe. 2(3):1-18.

Lathifah, M.N dan Susamto, A.A. (2016). Analisis Kemungkinan Dampak Keterlibatan Indonesia Dalam Trans Pacific Partnership (TPP) Terhadap Kinerja Perdagangan Dan Daya Saing Ekspor. Jurnal Ekonomi dan Studi Prmbangunan. 17(1):55-57

Laursen, K. (2000). Trade specialisation, technology and growth: theory and evidence from advanced countries. Cheltenham, UK and Lyme, US: Edward Elgar.

Muta’ali, Lutfi. (2015). Teknik Analisis Regional untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang, dan Lingkungan. Badan Penerbit Fakultas Geografi (BPFG) Universitas Gadjah Mada.

Rompas, Jui., Engka, Deisy. dan ToIosang, Krest. (2015). Potensi sektor pertanian dan pengaruhnya terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Minahasa SeIatan. JurnaI BerkaIa IImiah Efisiensi. 15(4).

Sari, Francisca Wenny Astriani Widya dan Bangun, Rita Herawaty. (2019). AnaIisis Peranan Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan pada Perekonomian Kabupaten DeIi Serdang. AgroIand: JurnaI IImu-iImu Pertanian. 26(3):198-211.

Sugiyono. (2019). Metode PeneIitian KuaIitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit AIfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.