SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DAN BAURAN PEMASARAN YOGHURT YOGURI PADA CV NATURA UTAMA YOGYAKARTA

Septi Wulandari, Budiarto Budiarto, Heni Handri Utami

Abstract


CV Natura Utama merupakan UKM yang bergerak dibidang pengolahan yoghurt yang berada di Yogyakarta sejak tahun 2008. Namun, produk yang diproduksi belum dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan segmenting, targeting, dan positioning yang diterapkan oleh CV Natura Utama dan (2) mendeskripsikan bauran pemasaran yang saat ini dilakukan oleh CV Natura Utama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Penentuan responden dilakukan secara purposive, yaitu pemilik usaha, manajer pemasaran, dan admin. Jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Hasil dari penelitian ini, yaitu segmenting yang saat ini diterapkan oleh CV natura Utama meliputu konsumen yang berada diwilayah Jawa dan Bali, jenis kelamin wanita, usia 15-30 tahun, kelas sosial menengah atas, dan berorientasi pada kesehatan. Targeting yang diterapkan, yaitu orang yang berorientasi pada kesehatan.  Positing yang diterapkan, yaitu produk yoghurt yang kaya probiotik dengan citarasa khas karena kekentalannya. Produk utama yang diproduksi oleh CV Natura Utama adalah yoghurt, harga jual didasarkan pada lini produk yoghurt Yoguri. Pendistribusian dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Promosi yang dilakukan melalui personal selling dan sales promotion.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2003. Pemasaran Strategi Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. (jilid 1). Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

Benyamin, Arie Putra. 2019. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) Di Pasarkita Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif: Vol. 2 (3), 1-9.

Junianta, R. D dan Sanaji. 2019. Perbandingan Siklus Hidup Produk Dota 2 Dan Cs: Go Berdasarkan Strategi Event Marketing. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 10(1), 1-24.

Kotler, P dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Global Edition. United Kingdom: Pearson.

Kotler, P dan Kevin Lana Keller. 2016. Marketing Management. Global Edition. England: Pearson.

Ningtyas, Andi Lenny Utami. 2016. Analisis Bauran Pemasaran Pada Restoran Monarchy Bistro Di Kota Bogor. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

Selang, Cristian. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi: Vol. 1 (3), 71-8.

Wibowo, D. H, Z. Arifin dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Btik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59– 66.

Widodo, J. Fitria dan Sri. 2018. Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 13 (2), 68-72.

Wijaya, H., dan Hani Sirine. 2016. Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 01 (3), 175-190.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.