Dinamika Kelompok dalam Program Desa Mandiri Pangan (Studi kasus pada Kelompok Tani Sari Makmur di Padukuhan Sawungan Hargobinangun Sleman)

Katrina Davida Widyastuti, Eko Murdiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika kelompok tani dalam program desa mandiri pangan yang terjadi pada Kelompok Tani Sari Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik dalam menentukan informan secara purposive sampling. InformanĀ  dalam penelitian ini adalah ketua kelompok tani sari makmur yaitu Bapak Budi Hardani sebagai informan kunci, anggota kelompok tani sari Makmur yaitu Ibu Sulis dan Ibu Sumarti sebagai pengurus inti dan Bapak Tri Mayang dan Bapak Krisno sebagai anggota kelompok tani. Kepala Dusun Sawungan yaitu Bapak Sutriwanto dan Pendamping kegiatan program (BPP) yaitu Bapak Wahyudi sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan keabsahan sata menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan 1) Dinamika kelompok yang terjadi pada kelompok tani Sari Makmur terhadap berjalannya program masih belum dikatakan dinamis, karena sesuai dengan indikator dinamika kelompok yaitu tujuan kelompok, peranan fungsional anggota kelompok, kekompakan kelompok suasana kelompok, pembinaan kelompok, tekanan dalam kelompok, dan efektivitas kelompok terdapat beberapa indikator yang belum memenuhi kriteria dinamis. Indikator tersebut antara lain adalah tujuan kelompok, peranan fungsional anggota kelompok, dan efektivitas kelompok yang belum sesuai dengan kriteria dinamis.


Full Text:

PDF

References


Margono, S. (1989). Kumpulan Bacaan Penyuluhan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Meliyani, E.F.R., T.P. Sendjaja, dan A.C. Tridakusumah. 2023. Dinamika Kelompok Studi pada Kelompok Tani Paguyuban Bumi Mandiri dan Kelompok Tani Sri Tanggulun di Kabupatem Subang. Jurnal Pemilkiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 9(1): 369-394.

Kelbulan, E., J.S. Tambas, dan O. Parajow. 2018. Dinamika Kelompok Tani Kalelon di Desa Kauneran Kecamatan Sonder. Agrisosioekonomi 14(3): 55-66.

Sriati, H. Malini, dan S. Wulandari. 2020. Dinamika Kelompok dan Partisipasi Petani dalam Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan di Kecamatan Sematang Borang Palembang. Jurnal Penyuluhan 16(01): 147-158.

Daniel, R., F. Maad, dan D. B. Wibaningwati. 2021. Dinamika Kelompok Tani Padi Sawah (Oryza sativa L.) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Agrisintech 2(1): 9-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.