Tingkat Penilaian Konsumen Pada Variabel Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Dan Loyalitas Pelanggan Di Wedrink Sagan Yogyakarta

Risti Reza Radhana, Budiarto Budiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori nilai dari variabel bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan.  Metode pengambilan responden dengan pendekatan teknik sampling incidental dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Kriteria responden yang digunakan yaitu 1) Sudah pernah melakukan pembelian teh buah di Wedrink Sagan Yogyakarta minimal dua kali. 2) Berumur diatas 17 tahun. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk sebesar 79.24%, harga sebesar 74.93%, tempat sebesar 82.92%, promosi sebesar 65.76%, orang sebesar 78.96%, bukti fisik sebesar 72.57%, proses sebesar 81.94% dan loyalitas pelanggan sebesar 82.85% termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan variabel kepuasan pelanggan sebesar 85.35% masuk kedalam kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2024). Indonesia Merajai Pasar Minuman Teh di Asia Tenggara 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/14/indonesia-merajai-pasar-minuman-teh-di-asia-tenggara-2023

Dhita, S., Mukson, M., & Setiadi, A. (2022). Pengaruh Marketing Mix 7P terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Espresso di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(1), 175–188. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.17

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisis Ked). Badan Peerbit UNDIB.

Handi, I. D. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan (P. T. E. M. Komputindo (ed.)).

Hurriyati, R. (2019). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen : Fokus Pada Knsumen Kartu Kredit Perbankan. Alfabeta.

Kotler, Philip. Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran: Edisi Ketiga Belas (Edisi Keti). Erlangga.

Payne, A. (2007). Pemasaran Jasa (Edisi Kedu). ANDI.

Riduwan dan Kuncoro, E. A. (2017). Cara Mudah Menggunakan Dan Memakai Path Analysis (Analisi Jalur). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelutian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu). Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian. ANDI.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran : Prinsip Dan Penerapan (Edisi Pert). ANDI.

Yasmin, S., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan, Studi Pada D’Goendoe Cafe Kota Batu. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi …, 10(2), 136–141. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/12910




DOI: https://doi.org/10.31315/asb.v3i1.12687

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/asb.v3i1.12687.g6543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agrisociabus



Creative Commons License
Journal of Agricultural Social and Business  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.