Dimensi Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Wisata Dewi Flory (Studi Kasus pada Kampung Flory di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji kegiatan di Dewi Flory, (2) mengkaji dimensi partisipasi masyarakat dalam kegiatan Wisata Dewi Flory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari informan kunci, informan utama, dan informan pendukung. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan di Dewi Flory adalah outbond berkarakter, (2) Dimensi partisipasi masyarakat dalam kegiatan Wisata Dewi Flory meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil, dan monitoring serta evaluasi.
References
Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. 2021. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Di Lampung Selatan. Sosiohumaniora, 23(1), 124.
Kusyanto, M., Triyadi, S., Wonorahardjo, S. 2019. Characterization of The Community Participation Model In The Mosque Construction Process (Case Study: Construction of Mosques in Demak Regency). Journal of Islamic Architecture. 5 (3). 159 – 165
Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Nurdin. 2016. Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Pulau Samalona, Makassar. JUMPA (Vol. 3)
Pitana, I Gde., Surya Diarta, I Ketut. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setyaningsih, Kartika. 2009. Kajian Potensi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Wisata di Desa Panggang Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Tesis. Program Studi Kajian Pariwisata. Sekolah Pascasarjana. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Tawai, Adrian., Yusuf, Muhammad. 2017. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan. Kendari: Legacy Institute.
Yusup, Dede. 2019. Pengaruh Experiental Marketing Agrowisata Kampoeng Jamboe Terhadap Word of Mouth Pengunjung. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten. Banten.
DOI: https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v3i2.13833
DOI (XML): https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v3i2.13833.g6792
DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v3i2.13833.g6922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nastiti Iga Kharisma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Agricultural Social and Business is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.