Analisis Strategi Pemasaran Produk Kopi Luwak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kopi Luwak Mataram Bantul

Raina Sabrina Fajriati, Siti Hamidah, Budiarto Budiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Kopi Luwak Mataram di masa pandemi Covid-19. (2) Menganalisis strategi terbaik dalam memasarkan produk di Kopi Luwak Mataram agar mampu menaikkan penjualan di masa pandemi Covid-19. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode penentuan responden menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan  adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis dalam penelitian ini menggunakan Matrik Internal-Eksternal, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kopi Luwak Mataram memiliki kekuatan utama produk yang berkualitas, kelemahan utama belum adanya rekanan tetap untuk bekerja sama melakukan penjualan ke konsumen mancanegara, dengan peluang utama masyarakat lebih memilih kafe dengan area outdoor, dan ancaman utama yaitu turunnya daya beli masyarakat. 2) Strategi pemasaran terbaik yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar dengan memberikan promo harga bundling menu makanan dan minuman untuk dine-in dan meningkatkan kegiatan promosi di sosial media melalui kerja sama dengan influencer lokal bidang kuliner di Yogyakarta.

Kata kunci: analisis SWOT, kopi luwak, pandemi covid-19, strategi pemasaran


Full Text:

PDF

References


David, F. R. (2015). Manajemen Strategis: Konsep (15th ed.). Salemba Empat.

Karo, P. K., & Hamonangan, S. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Restoran Menghadapi Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Pagar Alam. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 396–408. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.14152

Kotler, & Amstrong. (2002). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Mardikanto, T., & Heru, I. (2010). Metoda Penelitian dan Evaluasi Agribisnis. Surakarta: UNS Press.

Muzaifa, M., Patria, A., Abubakar, A., Febriani, Rahmi, F., Hasni, D., & Sulaiman, I. (2016). Kopi Luwak (Produksi, Mutu, dan Permasalahannya). Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Pratiwi, A. R., Dwi A. P., dan Indah W. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kopi Organik Pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mandiri Sejahtera Ngrancah Grabag Kabupaten Magelang. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi 21 (2): 190-204.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Indonesia.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bogor: ALFABETA.

Sukma, T. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51–63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.