Strategi Usaha Rumah Makan Sambel Cowek Cabang Perumnas di Masa Pandemi Covid-19

Bagus Yusron Amin, Ni Made Suyastiri, Antik Suprihanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal Usaha Rumah Makan Sambel Cowek. 2) Menganalisis alternatif strategi Usaha Rumah Makan Sambel Cowek dimasa pandemi COVID-19. 3) Menentukan prioritas strategi pada Usaha Rumah Makan Sambel Cowek dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini    merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan secara purposive sampling berjumlah 5 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode    pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Matriks EFI (Evaluasi Faktor Internal) dan EFE (Evaluasi Faktor Eksternal), Matriks IE (Internal Eksternal), Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Usaha Rumah Makan Sambel Cowek memiliki faktor kekuatan utama yaitu harga produk yang relatif lebih murah, kelemahan utamanya penjualan menurun karena pandemi COVID-19, peluang utamanya Usaha ini berada di lingkungan mahasiswa, dan ancaman utamanya pemerintah membuat kebijakan PSBB dan PPKM akibat Pandemi COVID-19 2) Terdapat dua alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk 3) Prioritas Strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi penetrasi pasar.

Kata kunci: faktor internal, faktor eksternal, manajemen, Matriks IE, strategi usaha, SWOT, QSPM

Full Text:

PDF

References


Abdul Hakim. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Bisnis Pemain Dan Pecinta Sepak Bola). Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (7), 1449-1458.

Abidin, Z., Yanti, A., Zulfayanto, I., Rasid, M., Ismiyanti, N., Fitrianingsi, N., Dwiyana, S., Nabila, U. H., Paramita, Y., & Bilkist, Z. K. (2021). Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 41–46.

David, F. R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Salemba Empat.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nisak, Z. (2013). Analisis Swot untuk Menentukan Strategi Kompetititf. Jurnal EKBIS, 9 (1), 468-476

Prakoso, F. A. (2020). Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Industri Food & Beverages. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 33 (2), 1-6.

Pratiwi, R. P., D. A. Puspitaningrum, I. Widowati. (2020). Strategi pengembangan usaha kopi organik pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mandiri Sejahtera Ngrancah Grabag Kabupaten Magelang. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi (JDSE), 21 (2), 190-204.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4 (2), 384–388.

Yudiaris, I. G. (2015). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada CV. Puri Lautan Mutiara. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5 (1), 265-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.