Analisis Produktivitas Produksi Tepung Terigu Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Sintia Kharismayanti, Dwi Aulia Puspitaningrum, Budiarto Budiarto

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari Flour Mills. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indeks produktivitas pada bagian produksi tepung terigu PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi     Bogasari Flour Mills, Jakarta Utara. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode pelaksanaan menggunakan studi kasus. Penentuan responden menggunakan purposive sampling, terdapat 4 responden diantaranya Manager Mill III, Deputy Head Miller III, Miller Mill G dan Foreman Mill G. Sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder dan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Objective Matrix (OMAX) dengan menggunakan metode pendukung yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk analisis produktivitas. Pada penelitian ini terdapat 5 kriteria yang diukur untuk menganalisis produktivitas, diantaranya Kriteria 1 (Produktivitas Jam Kerja), Kriteria 2 (Produktivitas Pemakaian Energi), Kriteria 3 (Produktivitas Mesin), Kriteria 4 (Produktivitas Tenaga Kerja) dan Kriteria 5 (Produktiviats Jam Kerja Lembur). Hasil dari penelitian ini adalah indeks produktivitas terendah adalah bulan Agustus yaitu -79,48%, sedangkan indeks produktivitas tertinggi adalah bulan September yaitu sebesar 817,39%.

Kata kunci: Analytical Hierarchy Process, Objective Matrix, produktivitas, tepung terigu

Full Text:

PDF

References


Afianti, Evita Zuyyina. I Ketut Satriawan, I Wayan Gede Sedana Yoga. (2020). Analisis Produktivitas Produksi PT. Bapak Bakery Badung Bali. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. Vol. 8, No. 1 : 127-138.

Agustina, Fitri dan Nina Aris Riana. (2011). Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di PT. X. Jurnal Teknik dan Manajemen Industri. Vol. 6 No. 2 : 50-158.

Batubara, Gresia. Ni Made Suyastiri Yani Permai, Indah Widowati. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Teh Hitam Di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. Vol.22, No.1 : 1-16.

Hastuti. (2019). Dampak Kebijakan Ekonomi Komoditas Tepung Terigu Terhadap Penawaran Dan Permintaan Tepung Terigu. Journal of Agriculture, Resource, and Environmental Economics. Vol. 2 : 67-78.

Hamidah, Nurul Hazmi. Panji Deoranto, Retno Astuti. (2013). Productivity Analysis Using Objective Matrix (OMAX) Method: Case Study On The Production Departement Of Sari Roti PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk Pasuruan. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 14 No. 3 : 215-222.

Hermawan, Asep. (2005). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Katadata. (2020). Berapa Impor Gandum Indonesia. Diakses pada tanggal 02 Februari 2020 pukul 14.09 WIB, dari URL https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/22/berapa-impor-gandum- indonesia.

Martono, Ricky Virona. (2019). Analisis Produktivitas dan Efesiensi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Moh. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Galia Indonesia.

Nurdin, R. (2008). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT. XYZ dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal Teknik Industri STTA.

Nurmaydha, Agensy. Susinggih Wijana, Panji Deoranto. (2017). Analisis Produktivitas pada Bagian Produksi Gondorukem dan Terpenting Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Agroindustrial Technology Journal 2017, 01 (01) 42-54.

Ramadhani, Suci Nur. Antonius Cahya Prihandoko dan Nelly Oktavia Adiwijaya. (2018). Sistem Informasi Pengukuran Produktivitas Hotel di Kabupaten Jember Menggunakan Metode OMAX (Objective Matrix) dan AHP (Analytical Hierarchy Process) Studi Kasus Hotel Istana. BERKALA SAINSTEK 2018, VI (1): 10-16.

Ramayanti, Gina. Guntur Sastraguntara, Supriyadi. (2020). Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di Lantai Produksi Perusahaan Botol Minuman. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol 6 No 31-38.

Saajidah, Saaroh Nisrina & I Wayan Sukadana. (2020). Elastisitas Permintaan Gandum Dan Produk Turunan Gandum Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan. Vol. 13 No. 1 : 75-114.

Suarni, (2016). Struktur dan Komposisi Biji dan Nutrisi Gandum. Sulawesi Selatan: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Departemen Pertanian.

Sudiyarto dan Waskito. 2018. Analisis Pengukuran dan Evaluasi Produktivitas dengan Metode OMAX di Bagian Produksi Pabrik Gula Gempolkerep Mojokerto. Jurnal Ilmiah Manajemen Agribisnis : e-Magri, 1 (2). Di akses pada tanggal 29 Maret 2022 pukul 19.04 WIB, dari URL http://eprints.upnjatim.ac.id/2524/.

Tamtomo, Aryandito Tjahjo. (2008). Pengukuran Produktivitas Proses Produksi PT. Halco dengan Menggunakan Alat Ukur OMAX (Objective Matirix). (Unpublished doctoral thesis). Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.