PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG FLORY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1). Mengkaji pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa untuk pengembangan Desa Wisata Kampung Flory, 2). Mengkaji pengelolaan kegiatan pengembangan Desa Wisata Kampung Flory, dan 3). Mengkaji proses pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Kampung Flory. Metode penelitian dengan pendekatan pendekatan dan jenis penelitian adalah studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu Ketua dan Sekretaris Kelompok Taruna Tani sebagai informan kunci, informan utama yaitu masyarakat yang terlibat dalam program, dan informan pendukung yaitu masyarakat yang menjadi pelaku usaha. Data keabsahan yang diperoleh diuji menggunakan teknik triangulasi sumber data dengan teknik analisis data menggunakan data pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kelompok Taruna Tani Flory sebagai fasilitator memberikan pemahaman pada masyarakat untuk melakukan pengembangan dan kesejahteraan kehidupan. Adanya pemahaman oleh Taruna Tani kepada masyarakat ini menjadikan masyarakat paham bahwa terdapat potensi yang dapat dikembangkan di desa mereka, sehingga masyarakat mau berpartisipasi dalam program Pengembangan Desa Wisata Kampung Flory, 2). pengelolaan Program Pengembangan Desa Wisata Flory terdiri dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, dan 3). pemberdayaan masyarakat di Kampung Flory masih dalam tahap pengkapasitasan, hal ini karena masih adanya keterlibatan dari Kelompok Taruna Tani sebagai fasilitator program. Masyarakat masih memiliki bantuan kepada fasilitator dalam melakukan pengelolaan
Kata Kunci : Pemahaman, Pengelolaan, Pemberdayaan , Program Pengembangan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31315/asb.v1i2.7857
DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/asb.v1i2.7857.g4817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agrisociabus
Journal of Agricultural Social and Business is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.