Analisis Kelayakan Usaha (Studi Kasus pada UMKM Keripik "Selasih" Kab. Asahan, Sumatera Utara)

Utami Sasmita Lubis, Siti Hamidah, Wulandari Dwi Etika Rini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kelayakan aspek finansial dari UMKM Keripik “Selasih” (2) Mendeskripsikan keadaan aspek non finansial pada UMKM Keripik “Selasih”. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini berupa metode kuantitatif. Metode pengambilan responden pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Responden yang digunakan sebanyak 5 orang yang berasal dari pengurus UMKM Keripik “Selasih”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara serta studi pustaka dengan data yang digunakan berupa data sekunder dan data primer. Aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek sumber daya manusia serta aspek lingkungan dijelaskan berdasarkan analisis deskriptif. Untuk menganalisis kelayakan usaha pada UMKM Keripik “Selasih” digunakan analisis berupa BEP (Break Event Point), ROI (Return On Investment), serta B/C. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) Aspek finansial UMKM Keripik “Selasih” layak untuk dijalankan dengan jumlah rata-rata produksi pada empat produk lebih besar daripada BEP unit, rata-rata ROI sebesar 66,5%, dan rata-rata BC Ratio sebesar 0,66 (2) Aspek non finansial UMKM Keripik “Selasih” dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 92,8%

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Asahan Dalam Angka. Asahan, Sumatera Utara.

Effendi Imran. (2019). Analisis Kelayakan Usaha Keripik Singkong di Desa Wonosari Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Palopo: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. 72 hlm.

Herlianto Didit dan Triani Pujiastuti. (2009). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Millaty M dan Liana Fatma. (2020). Analisis Studi Kelayakan Industri Gula Semut (Studi Kasus di Desa Kebonrejo Kec. Candimulyo Kab. Magelang). Yogykarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 21 No 1.

Pahlevi Rico, W.A. Zakaria, U. Kalsum. (2014). Analisis Kelayakan Usaha AgroIndustri Kopi Luwak di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. JIIA. Januari 2014. Lampung: JIIA Volume 2 Nomor 1.

Purwana Dedi dan Nurdin Hidayat. (2020). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

RW Arie, P. Suwandono, Silviana, A.R. Fadhillah. (2019). Analisis Kelayakan Bisnis pada UKM Keripik Pisang Ramesta di Tulungagung. Jurnal Masyarakat Merdeka. Mei 2019. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2 No. 1.

Umar. (2005). Studi Kelayakan Bisnis, Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis Secara Komprehensif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tri Retnaning Rahayu. (2020). Analisis Kelayakan Usaha Menggunakan Metode Break Event Point (BEP)Pada Studi Kasus CV.Harmoni Unggas Jaya. Skripsi. Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.