Analisis Deskriptif Akseptabilitas, Keterjangkauan, Aksesibilitas, Kesadaran dan Niat Beli Kopi di Umah Kopi Gayo Yogyakarta

Adelbertus Abdiel Cahya Perdana, Budiarto Budiarto, Indah Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan akseptabilitas, keterjangkauan, aksesibilitas dan kesadaran dan niat beli kopi di Umah Kopi Gayo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif. Proses pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode survei. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive. Metode penentuan responden dilakukan secara non probability sampling  dengan menggunakan pendekatan insidental sampling dan ditentukan responden sebanyak 70 orang. Macam dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, wawancara dan kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini didapat bahwa variabel akseptabilitas, keterjangkauan, aksesibilitas, kesadaran dan niat beli kelima variabel berada pada kategori sangat baik.

 

Kata kunci: akseptabilitas, keterjangkauan, aksesibilitas, kesadaran, kopi, niat beli


Full Text:

PDF

References


Hermawan. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Bimsa : Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9 (1), 84-93.

Kolyesnikova, Natalia. (2008). The Influence of Product Knowledge on Purchase Venue Choice: Does Knowing More Lead from Bricks to Clicks?. Supply Chain Forum an International Journal Volume 9 (2), 28-40.

Kotler dan Keller. (2016). Marketing Management. Parson Education Limited: England.

Nezakati. (2011). Exploring Hierarchy Situation of 4A Marketing Mix on Malaysia’s Fast Food Restaurant. World Applied Science Journal 15 (8), 1157-1167.

Nezakati. (2015). Green Product Purchasing Among Malaysian Consumer. International Journal of Sustainable Development & World Policy, 4 (1), 1-6.

Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Aflabeta: Bandung.

Sheth dan Sisodia. (2012). The 4A’s of Marketing: Creating Value for Customer Society. Routledge: United Kingdom.

Turk dan Ercis. (2017). 4A Marketing Mix Impacts on Organic Food Purchase Intention. Serbian Journal of Management, 12 (2), 189-199.

Yunus dan Susilaningsih. (2018). Panduan Pendirian Usaha Kopi. Badan Ekonomi Kreatif. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Zhen dan Mansouri. (2012). Young Female Motivation for Purchase of Organic Food in Malaysia. International Journal of Contemporary Bussiness Studies, 3 (5), 61-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.