Analisis Pengendalian Kualitas Benih Padi Menggunakan Statistical Quality Control (SQC) di UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, DIY

Rachma Agustina Mahanani, Dwi Aulia Puspitaningrum, Antik Suprihanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengendalian kualitas benih padi di UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan dan 2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan adanya kecacatan pada kualitas benih padi di UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus. Metode penentuan responden dilakukan secara purposive sampling sebanyak empat orang, yaitu: Kepala UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan, bagian administrasi dan sertifikasi, bagian processing, serta bagian umum. Macam dan sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan atau observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) dengan tiga alat bantu untuk mengendalikan kualitas yakni check sheet dan peta kendali variabel (X dan MR) untuk menganalisis pengendalian kualitas benih padi, serta diagram sebab akibat (fishbone) guna mengidentifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan adanya kecacatan pada kualitas benih padi di UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengendalian kualitas benih padi varietas Ciherang, Pepe, dan Situ Bagendit di UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan berada di dalam batas kendali dan 2) Faktor-faktor yang menyebabkan adanya kecacatan pada kualitas benih padi di UPTD Balai Benih pertanian (BBP) Barongan adalah manusia, lingkungan, metode kerja.

 

Kata Kunci: Benih Padi, Kualitas, Pengendalian

 


Full Text:

PDF

References


Anggorowati, Radian Dwi. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dan Kemasan Minuman Berbasis Madu pada PT. Madurasa Unggulan Nusantara Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Fakultas Pertanian. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse.

Ansori, Muchamad. (2013). Kepuasan Petani Penangkar Benih Padi terhadap Pelayanan Penangkaran Benih Padi di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan Kec. Jetis Kabupaten Bantul. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diakses dari http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8362.

Ariani, Dorothea Wahyu. (2004). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: Andi Offset.

Heizer, Jay dan Render, Barry. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Ilham, Muhammad Nur. (2012). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin Makassar. Diakses dari http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9589/1/muhammadnu-2057-1-12-muham-k%201-2.pdf.

Isnaniah, Nikmatul Rahmah. (2017). Analisis Kepuasan Petani terhadap Benih Padi dari UPT Balai Benih Pertanian Barongan Kabupaten Bantul. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diakses dari http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8362.

Montgomery, D. C. (2009). Statistical Quality Control: A Modern Introduction. Edisi 6. New York: John Wiley and Sons Inc.

Putra, Ricky Ramandika. (2015). Analisis Pengendalian Mutu dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control untuk Mengurangi Kecacatan Produk pada Perusahaan Konveksi CV. Service Geotami Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Bandung. Diakses dari http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/2902.

Triawan, Sujud. (2004). Peningkatan Kualitas Melalui Penerapan Konsep Kaizen pada Perusahaan Pengecoran Logam di PT Bakrie Tosanjaya, Bekasi, Jawa Barat. Fakultas Teknologi Industri. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Yogyakarta. Diakses dari https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal.

Yamit, Zulian. (2013). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.