Strategi Pengembangan Usaha untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Cokelat KWT Pawon Gendis di Kulon Progo

Fitri Nur Prabawati, Nanik Dara Senjawati, Heni Handri Utami

Abstract


Perkembangan bisnis kuliner yang pesat menimbulkan persaingan yang pasar semakin kompetitif sehingga pelaku usaha dihadapkan pada persaingan yang ketat. Kondisi ini menimbulkan persaingan antar usaha sehingga diperlukan fleksibilitas untuk beradaptasi untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan meingkatkan daya saingnya. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis dengan tujuan menganalisis keputusan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing produk cokelat KWT Pawon Gendis. Data yang digunakan adalah data selama tahun 2021. Metode penelitian ini adalah metodeĀ  deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengambilan responden menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak empat responden yang terdiri dari ketua, bagian hubungan masyarakat, anggota, dan admin. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengukuran menggunakan matrisk IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan usaha produk cokelat KWT Pawon Gendis dilakukan dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk disertai mempromosikan nilai produk secara masif.

Kata Kunci: Daya saing, KWT, Pengembangan Usaha


Full Text:

PDF

References


Agus, A. A., Isa, M., Farid, M. F., & Permono, S. P. (2015). An assessment of SME competitiveness in Indonesia. Journal of Competitiveness, 7(2).

David, Freed.R. (2016). Manajemen Strategi. Jakarta: Karya Salemba Empat

Hafidoh, Nurul. Rusdiarti, Oktavilia, Shanty. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Tepung Tapioka di Kabupaten Pati. Business and Economic Journal. BEAJ Vol 1 (2) (November) (2021): 63-78.

Irawan, Dandan. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen. (E-ISSN: 2615-4978, P-ISSN: 2086-4620) Vol X1 No 2. Juli 2020.

Kurniawan, Miftakhurrizal & Haryati, Novi. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 6 No 2: 97-102, ) https://doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.02.6

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Yudha, I.,G.,B.,K.,W., & Yulianthini, N.,N. (2021) Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasanpelanggan terhadap Loyalitas

Pelanggan pada Toko Bunga Pertiwi Cabang Sulanyah. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 9(2), 293-299, DOI:

http://dx.doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.32689.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.