Peramalan Volume Penjualan dan Strategi Pengembangan Usaha Beras Organik Pada Kelompok Tani Rukun di Dusun Padasan, Desa Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis peramalan volume penjualan beras organik (2) Menganalisis strategi pengembangan usaha beras organik pada Kelompok Tani Rukun di Dusun Padasan, Desa Pakembinangun, Kapanewon pakem, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode pelaksanaan menggunakan metode studi kasus. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, cara pengambilan data dengan wawancara, observasi, kuesioner, studi kepustakaam, dan pencatatan. Responden pada penelitian ini meliputi pengurus dan anggota Kelompok Tani Rukun dengan jumlah 9 responden. Cara pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis trend, matrik IFE, Matrik EFE, Matrik I-E, Matrik SWOT, dan Matrik QSPM. Hasil penelitian menunjukan (1) Volume penjualan beras organik (sembada merah, sembada hitam, dan menthik susu) Kelompok Tani Rukun selama 12 bulan kedepan cenderung meningkat (2) Prioritas alternatif strategi yang dapat diterapkan Kelompok Tani Rukun yaitu meningkatkan dan mengoptimalkan kegiatan promosi.
Kata Kunci: Beras Organik, , Kelompok Tani ,Peramalan, Strategi Pengembaangan, Volume Penjualan
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta. Penerbit Liberty
Christianto, Edward. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Volume Impor Beras di Indonesia. Jurnal JIBEKA Volume 7 No 2 Agustus 2013 : 38 – 48
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi Keempat. Yogyakarta. PT. Pustaka Pelajar
David, Fred R. (2004). Manajemen Strategi. Edisi Kesembilan. Jakarta. Penerbit Indeks
David, Fred R. (2011). Manajemen Strategi. Edisi 15. Jakarta. Penerbit Salemba Empat
Nur, Agung, dan Nuning S. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Beras Hitam Organik (Studi Kasus di Kelompok Tani Gemah Ripah Kecamtan Karangpandan Kabupaten Karanganyar). Jurnal AGRISTA Volume 4 Nomor 3 September 2016: 181 - 191
Hasyati., Januar, J., Hani, S. E. (2017). “Trend Volume Penjualan dan Strategi Pengembangan Agroindustri Tape “Sumber Madu Sae”. Jurnal PAMATOR Volume 10 Nomor 1 April 2017: 20 – 30
Humaidi, E., Asriani, P. S.,Priyono, S.B. (2021). Strategi Keberlanjutan Agribisnis Beras Organik. Jurnal AGRISEP Volume 20 Nomor 1 Maret 2021: 207 – 226
Jumna,B.K. (2015). Strategi Pengembangan Usahatani Dalam Upaya Peningkatan Produksi Padi Organik. Economics Development Analysis Journal (2)
Laksono, Fajar. (2018). Optimasi Usahatani Padi Sehat Varietas Sembada Merah, Seabada Hitam, dan Menthik Susu di Kelompok Tani Rukun di Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Rainy, Nurmalina, dan Rifin. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Beras Sehat Pada CV Pure Cianjur di Kabupaten Cianjur. Jurnal Forum Agribisnis Volume 9 No 1 Maret 2019 : 33 – 52.
R.R. Fahmi., M. Hayati. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Beras UD.Sovi Jaya di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bengkalan. Jurnal AGRISCIENCE Volume 1 Nomor 20 November 2020:487 - 506
Schiffan. (2005). Volume Penjualan. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.31315/asb.v2i1.9414
DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/asb.v2i1.9414.g5734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Agrisociabus
Journal of Agricultural Social and Business is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.