Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Makaroni Ngehe Cabang Taman Siswa Yogyakarta

Permana Hayati, Ni Made Suyastiri Yani Permai

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di Cabang Makaroni Ngehe Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metodologi survei. Metode penentuan lokasi menggunakan pendekatan yang terarah, mengingat Makaroni Ngehe merupakan usaha paling awal di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan strategi sampel non-probabilitas dengan metodologi purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak enam puluh orang. Data primer dan sekunder merupakan jenis dan sumber informasi yang digunakan. Wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi merupakan metode yang dipakai untuk memperoleh data. Analisis regresi linier berganda merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, kepuasan pelanggan Makaroni Ngehe Cabang Taman Siswa Yogyakarta dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga.


Referensi


Attifah, F., Syahril, A., Mustofa A., Husna A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Keripik Cek Sam Saree. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(2): 81-95.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein, U. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

________. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetisi (3rd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Saputro, M.A. & Agatha, M. ()2022. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Krisfite Spicy di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ilmu Ekonomi, 16(2): 96-110.

Setiawan, D., & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Kerupuk Rambak Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 4(1), 99–108.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v3i2.12946

DOI (XML (English)): https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v3i2.12946.g6791

DOI (PDF (English)): https://doi.org/10.31315/agrisociabus.v3i2.12946.g6920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
Journal of Agricultural Social and Business  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.