Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emo-sional, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen The Kitchen of Raminten Yogyakarta

Ratna Puspitasari Sulistyaningrum, Indah Widowati, Budiarto Budiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, dan harga terhadap kepuasan konsumen The Kitchen of Raminten, (2) menganalisis indikator dari variabel yang menjadi     prioritas perbaikan untuk menentukan strategi meningkatkan kepuasan konsumen The Kitchen of Raminten berdasarkan diagram IPA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dan dengan metode penelitian studi kasus.     Pengambilan responden menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 60 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Macam data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Analisis Regresi Linier Berganda dan (2) Importance Performance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen The Kitchen of Raminten, (2) Indikator-indikator dari variabel yang menjadi prioritas perbaikan untuk menentukan strategi meningkatkan kepuasan konsumen The Kitchen of Raminten berdasarkan diagram IPA (Importance Performance Analysis) yaitu indikator porsi produk, ketepatan karyawan menyajikan pesanan, kecepatan karyawan menyajikan pesanan, keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan cita rasa, dan kesesuaian harga dengan porsi.

Kata kunci: emosional, harga, kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, dan kualitas produk


Full Text:

PDF

References


Anggraini, L. D. , Deoranto, P. , dan Ikasari, D. M. (2014). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Industri. Volume, 4 (1), 74-81. Diakses dari https://industria.ub.ac.id

Arianto, M dan Mahmudah, Nur. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen di Jatiroso Catering Service. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan. 1 (1), 102-120. Diakses dari https://jbmp.umsida.ac.id

Brigitte T., Ferdy R, dan Farlane S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA 7 (1), 891-900. Diakses dari https://ejournal.unstrat.ac.id

Ikasari, Ajeng Utami, et.all. (2013). Pengaruh Nilai Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Diponegoro. Journal of Social and Politic. Diakses dari https://media.neliti.com

Irwanto, A. , Rohman, F. , dan Noermijati. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Pengaruhnya pada Terbentuknya Word-of-mouth di Perumahan Madani Group Jabodetabek. Jurnal Aplikasi Manajemen. 11 (1), 85-94. Diakses dari https://jurnaljam.ub.ac.id

Ishak, Asmani. (2005). Pentingnya Kepuasan Konsumen dan Implementasi Strategi Pemasarannya. Jurnal Siasat Bisnis. Diakses dari https://journal.uii.ac.id

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Novrianto, Juang. (2016). Analisis Kepuasan Pelanggan pada Restoran Sop Tunjang Pertama (M1) di Pekanbaru. Jurnal Valuta. 2 (1), 171-189. Diakses dari https://journal.uir.ac.id

Pinilih, Muliasari. (2015). Perilaku Mahasiswa dalam Memilih Tempat Makan Berciri Internasional. Jurnal Probisnis. Diakses dari https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id

Riyandani, S. S., Suyastiri, N. M., Widowati, I. (2021). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk beras organik PT Lingkar Organik Indonesia di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 22 (2), 126-140.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.