PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM JAMU DESA KIRINGAN

Zulfatun Ruscitasari, Melvin Rahma Sayuga, Nurna Pratiwi, Yana Hendriana

Abstract


Dukuh Kiringan, Desa Canden, Kecamatan Jetis, Bantul ditetapkan oleh Bupati Bantul sebagai sentra industri jamu gendong pada tahun 2018. Adapun jenis-jenis jamu yang ditawarkan yaitu jamu peras, sirup jamu, jamu instan dan jamu celup. Desa Wisata Jamu Kiringan saat ini telah memiliki website dan juga media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Namun pemasaran online masih belum dilakukan secara optimal karena keterbatasan kemampuan dalam mengoperasikan marketplace dan media sosial lainnya. Selain itu, para pelaku usaha tidak memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Para pelaku usaha tidak memiliki pencatatan keuangan yang akuntabel, bahkan pencatatan keuangan secara sederhana (pengeluaran dan pemasukan). Pelaku usaha berasumsi bahwa dalam mengelola keuangan sudah untung apabila dapat membeli bahan baku jamu dan kebutuhan sehari-hari terpenuhi, namun ketika sudah tidak memiliki uang untuk membeli bahan baku berarti mereka menganggap sedang rugi. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh tim Dosen dan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai literasi keuangan usaha, serta pelatihan penggunaan marketplace sebagai media promosi online. Metode yang digunakan dalam pelakasanaan adalah dengan (1) memberikan sosialisasi literasi keuangan terutama dalam pencatatan dan pengeluaran keuangan serta investasi keuangan di masa depan kepada para pelaku usaha jamu, (2) memberikan pendampingan strategi pemasaran melalui media digital dan website untuk memperluas pasar. Adapun mitra yang dibina adalah anggota inti yang masuk dalam kepengurusan Kelompok Jamu Seruni Putih di Desa Wisata Jamu, yaitu sekitar 10 orang. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak kepada pengelola UMKM dalam peningkatan pengelolaan keuangan usaha dan literasi keuangan. Pengelolaan keuangan berfokus pada penyusunan laporan keuangan. Kemudian, sosialisasi mengenai pentingnya pemisahan uang pribadi dengan uang usaha dalam kegiatan usaha yang dijalankannya. Pelatihan penggunaan media digital sebagai media pemasaran online juga telah berjalan sesuai dengan rencana.


Full Text:

PDF

References


Aditya, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Jamu Kota Semarang. Skripsi Univesitas Negeri Semarang.

Edo, J. (2019). Evaluasi Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) pada UMKM (Studi Kasus pada UD. Arjuno). Skripsi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Efelina, V., Safitri, S., Sari, D., & Hakiim, A. (2015). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan PT. RPM dengan Menggunakan Analisis SWOT. Prosiding Seminar Nasional & CFP I IDRI, 274-279.

Isdarini. (2011). Perbedaan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Kiringan Sebelum dan Sesudah Menjadi Sentra Industri Jamu Gendong (Studi Kasus Desa Kiringan, Canden, Jetis, Bantul). Skripsi Universitas Sanata Dharma.

N, R., Wardhana, M., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, Vol. 2, No. 2.

Notohatmodjo, T. (2014). Evaluasi terhadap Sistem Pencatatan Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus di Kota Semarang). Skripsi Universitas Diponegoro.

Novianti, D. dan Fathonah, S. (2020). LITERASI MEDIA PROMOSI UMKM PKK RW 017 BABADAN BANGUNTAPAN, KAB BANTUL, DI YOGYAKARTA. Dharma, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 2 (2020)

Restyandito, & Kurniawan, E. (2017). Pemanfaatan Teknologi oleh Orang Lanjut Usia di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional XII Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2017 Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta, 49-53.

Rofa, I., Meilani, A., Hasibuan, N., Nasution, A., & Suhairi. (2021). Analisis Aspek Pemasaran dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Visions and Ideas, Vol. 1, No. 1, 14-27.

Wahyu, E.E., Herijanto, P., Masreviastuti, M., Hasan, H., Suyono, A. (2020). PELATIHAN PEMASARAN PUDING MELALUI MEDIA SOSIAL BAGI IBU-IBU WARGA ASRAMA BRIMOB AMPELDENTO KABUPATEN MALANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 2 (2020)




DOI: https://doi.org/10.31315/dlppm.v3i2.7412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistic:

Dharma has been indexed on:

 


crossref dimensionsroad 
googlepkp-index road 
   

JournalStories Main logo


Editorial Office

LPPM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Gedung Rektorat Lt. 5 UPN “Veteran “Yogyakarta 
Jl. SWK. 104 Lingkar Utara, Condong Catur, Yogyakarta 55283