Pelatihan Penerapan Sanitasi Proses Produksi dengan Mitra Dekaka Shop dan UMKM di Kabupaten Malang

Erwan Adi Saputro, Andre Yusuf Trisna Putra, Arista Pratama, Masykuri Latief, Iqbal Mahendra

Abstract


Toko Dekaka merupakan usaha lokal yang dipelopori oleh Bapak Kasmadi pada tahun 2015 yang beralamat di Jalan Jatikerto 292, Bedali, Kromengan, Rezim Malang. Kendala yang terlihat oleh UMKM Toko Dekaka adalah tidak adanya informasi tentang proses sanitasi dalam siklus produksi kepada UMKM dan membuat kualitas barang menjadi tidak bisa dibilang ideal. Dengan demikian, melalui aksi Matching Asset, dilakukan persiapan terhadap pemanfaatan proses produksi dengan sanitasi kepada UMKM. Dalam pelaksanaan program pembinaan dan gerakan inovasi ini, akan mengkonsolidasikan hipotesis dan praktik dengan kegiatan yang dipadukan dalam jaringan dan luar jaringan. Melalui gerakan persiapan ini dapat lebih mengembangkan kualitas barang yang sebesar-besarnya bagi UMKM Toko Dekaka dan selanjutnya UMKM lainnya di Malang.

Full Text:

PDF

References


Agustina, T. 2014. Kontaminasi Logam Berat Pada Makanan dan Dampaknya Pada Kesehatan. TEKNOBUGA, Vol. 1, No. 1, hh 54-55

Fardiaz. 1996. Analis Bahaya dan Pengendalian titik Kritis (HACCP). Makalah disampaikan pada pada Pelatihan pengendalian Mutu dan Keamanan Pangan bagi Staf Pengajar Fakultas Teknologi Pertanian, IPB, Bogor.

Heriyanto, H., Fauziah, Y., Irawati, D.A. (2020). PENDAMPINGAN UMKM KWT SUKA MAJU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DUSUN PALIHAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 2 (2020)

Kemenkes RI. 2004. Pengawasan Mutu Pangan-Badan PPSDM Kesehatan. http://bppsdmk.kemkes.go.id. Diakses pada 20 Oktober 2021.

Prabu. 2008. Higiene dan Sanitasi Makanan. https://putraprabu.wordpress.com/2008/12/27/higiene-dan-sanitasi-makanan/. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Rahmadhani, D. dan Sumarmi, S. 2017. Gambaran Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Makanan Di PT Aerofood Indonesia, Tangerang, Banten. Surabaya: Airlangga University Press.




DOI: https://doi.org/10.31315/dlppm.v3i2.7728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistic:

Dharma has been indexed on:

 


crossref dimensionsroad 
googlepkp-index road 
   

JournalStories Main logo


Editorial Office

LPPM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Gedung Rektorat Lt. 5 UPN “Veteran “Yogyakarta 
Jl. SWK. 104 Lingkar Utara, Condong Catur, Yogyakarta 55283