Pelatihan Web dan Digital Marketing di Desa Wisata Blimbingsari, Kecamatan Melaya,Jembrana

I Nyoman Meirejeki, I Ketut Suarta, Cokorda Istri Sri Widhari, I Gusti Lanang Suta Artatanaya

Abstract


Desa Wisata Blimbingsari merupakan desa yang tergolong baru karena baru dibuka tahun 1939. Sekalipun demikian desa ini sudah banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik, berdasarkan data dari pengelola pariwisata ada sebanyak 19.055 orang wisatawan yang berkunjung pada tahun 2019. Tahun 2020 banyak wisatawan yang batal berkunjung atau menunda kunjunganya karena wabah covid 19. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk membenahi kekurangan yang selama ini dialami oleh pengelola pariwisata yaitu masalah IT. Untuk mengatasi masalah ini diberikan pelatihan dengan peserta dipilih dari pengelola pariwisata, staff desa, Staf BUMDes dan guru sekolah, seluruhnya ada sebanyak 10 orang. Materi yang diberikan berkaitan dengan  penggunaan web dan digital marketing sehingga bila wabah covid 19 berkurang pengelola bisa memasarkan melalui digital marketing dan dapat memberikan pelayanan dengan lebih baik kepada tamu yang berkunjung. Keberhasilan pelatihan berbanding lurus dengan kepuasan peserta. Guna mengetahui keberhasilan pelatihan dilakuakan evaluasi dengan  metode Kirkpatrick Level I. pada level ini yang menjadi bahan evaluasi adalah pelatih/ Fasilitator, dan panitia pelatihan termasuk didalamnya sarana dan prasanana pelatihan berdasarkan hasil analisis diperoleh skor sebesar 4,51untuk fasilitator dan 4,1bagi penyelenggara pelatihan, berarti peserta pelatihan sangat puas terhadap fasilitator dan kesiapan panitia dalam melaksanakan pelatihan

Kata kunci: Evaluasi, Pelatihan, digital marketing, desawisata


Full Text:

PDF

References


Elfrianto, M. P. 2016. “Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(2):46–58.

Henryanto. 2014. “Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Diklat Dari Kualitas Pelayanan Diklat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai.” Jurnal KBP 2(1):1–37.

Irawan, Andri and Esi Fitriani Komara. 2017. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 1(2):123.

Lestari, P., Kusumantini, T., Rahayu, E.I., Astari, D.W., Irfan, M. (2021). PEMBERDAYAAN PAGUYUBAN BATIK PENDOPO DESA JARUM BERBASIS KOMUNIKASI PEMASARAN VIRTUAL DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 2 (2021)

Marga, Yossy Kanta. 2017. “Pengaruh Pelatihan, Kecerdasan Emosional, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Pelayaran Tempuran Emas Surabaya.” E - Jurnal Manajemen Kinerja 3:57–63.

Nurlia, Nurlia. 2020. “Evaluasi Kepuasan Peserta Pelatihan Terhadap Kinerja Widyaiswara Dan Fasilitas Pelatihan Di BPSDM Aceh.” Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik 23(2):127.

Pajriah, Sri. 2018. “Peran Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Pariwisata Budaya Di Kabupaten Ciamis.” Jurnal Artefak 5(1):25.

Parma, I. Putu Gede. 2019. “Pariwisata Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata 1(1):33.

Putra, N. D. 2018. “Strategi Pemanfaatan TIK Untuk Promosi Kampung Wisata Di Kota Yogyakarta.” 206–18.

Putra, Rifki Rahmanda, Ute Lies Siti Khadijah, and Cecep Ucu Rakhman. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Penerapan Konsep Smart Tourism Di Kabupaten Pangandaran.” Jurnal Master Pariwisata (JUMPA) 7:257.

Rahmawati, K. (2021). PELATIHAN PENJUALAN ONLINE MENGGUNAKAN MARKETPLACE PADA UKM DI BANTUL. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1 (2021)

Salah, Abstrak, Presiden Ri, Kampung Keluarga Berkualitas, Program Keluarga Berencana, Pelatihan Pengelolaan, Kampung Kb, and Kampung Kb. 2021. “Evaluasi Kirckpatrick ’ S.” 4(April):113–21.

Sholeh, M., Suraya, S., Zaitunah, A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK PELAKU USAHA. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1 (2021)

Widiyastuti, Umi and Dedi Purwana ES. 2015. “Evaluasi Pelatihan (Training) Level Ii Berdasarkan Teori the Four Levels Kirkpatrick.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 3(2):1.

Siagian, Sondang P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31315/dlppm.v3i2.8192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistic:

Dharma has been indexed on:

 


crossref dimensionsroad 
googlepkp-index road 
   

JournalStories Main logo


Editorial Office

LPPM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Gedung Rektorat Lt. 5 UPN “Veteran “Yogyakarta 
Jl. SWK. 104 Lingkar Utara, Condong Catur, Yogyakarta 55283