Pengaruh Penambahan Vermiculite Termodifikasi Cu2+ sebagai Media Imobilisasi Bakteri Anaerob pada Produksi Biogas terhadap Parameter Kinetika

Gregorius Prima Indra Budianto, Wisnu Arfian Anditya Sudjarwo

Abstract


Modifikasi vermiculite dilakukan untuk meningkatkan afinitasnya sebagai media imobilisasi bakteri anaerob. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh vermiculite termodifikasi Cu2+ dalam proses produksi biogas terhadap parameter kinetika. Penelitian ini dilakukan menggunakan tiga digester, yaitu digester tanpa penambahan vermiculite termodifikasi Cu2+, digester dengan penambahan vermiculite termodifikasi Cu2+ 0,01 mg/L dan digester dengan penambahan vermiculite termodifikasi Cu2+ 0,5 mg/L. Hasil yang diperoleh adalah semua digester dengan penambahan vermiculite termodifikasi Cu2+ sebanyak 40 g memberikan peningkatan pada nilai laju pertumbuhan spesifik bakteri asidogen  dibandingkan dengan digester tanpa penambahan vermiculite termodifikasi yaitu sebesar 48 %. Penurunan laju pentumbuhan spesifik bakteri metanogen hanya terjadi pada digester dengan penambahan vermiculite termodifikasi Cu2+ 0,5 mg/L hingga  88,87 %.

Keywords


Anaerob; Immobilisasi Sel; Vermiculite



DOI: https://doi.org/10.31315/e.v14i2.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Eksergi p-ISSN  1410-394X, e-ISSN 2460-8203,  is published by "Prodi Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta".

Contact  Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong catur Sleman Yogyakarta

 

 Creative Commons License

Eksergi by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lihat Statistik Jurnal Kami