Pengaruh Variasi Komposisi Pada Campuran Limbah Cair Aren dan Kotoran Sapi Terhadap Produksi Biogas

Ramdiana Ramdiana

Abstract


Limbah cair aren dan kotoran sapi merupakan substrat yang baik dalam pembuatan biogas, karena tanaman aren mengandung bahan organik yang tinggi dan kotoran sapi mengandung bakteri penghasil gas metan. Nilai rasio C/N dari limbah cair aren yaitu 15 dan  perlu dicampur dengan limbah yang memiliki rasio C/N lebih tinggi dari kotoran sapi yaitu 24. Penelitian dilakukan dengan proses anaerobic reactor. Penelitian ini menguji 5 variasi komposisi campuran kotoran sapi dan limbah cair aren yaitu 1 : 0,25, 1: 0,5, 1 : 0.75, 1 : 1 dan 1: 1,25. Masing-masing sampel dimasukkan ke dalam digester  dengan kapasitas 14 liter terdiri dari 11 liter campuran limbah dan 3 liter air, kemudian diinkubasi secara anaerob dalam ruang bersuhu antara 25oC – 30oC selama 50 hari. Parameter yang diukur berupa volume biogas, gas metan, nilai C/N rasio, pH dan suhu. Pengamatan volume gas dilakukan setiap hari dengan menggunakan gas holder dan konsentrasi gas metan diuji dengan Gas Chromatography (GC).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi campuran kotoran sapi  dan limbah cair aren 1:1,25 menghasilkan biogas tertinggi dengan kadar gas metan 42%.

Keywords


limbah cair aren; kotoran sapi; biogas.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Eksergi p-ISSN  1410-394X, e-ISSN 2460-8203,  is published by Chemical Engineering Department, Faculty of Industrial Technology, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

Contact Prodi Teknik Kimia UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong catur Sleman Yogyakarta

 

Creative Commons License
Eksergi by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.