PEMANFAATAN LIMBAH IKAN MENJADI TEPUNG IKAN SEBAGAI SUMBER PROTEIN

Titik Mahargiani

Abstract


Limbah ikan laut ( kepala, ekor ) telah diketahui mengandung protein dengan kadar yang relatif tinggi. Untuk memanfaatkan protein yang terkandung dalam limbah ikan, maka dapat diolah menjadi tepung ikan. Tepung ikan sebagai sumber protein hewani sangat baik jika dijadikan produk olahan makanan untuk menunjang gizi yang dibutuhkan manusia. Limbah ikan diolah menjadi tepung ikan dengan cara dilarutkan memakai NaOH,
kemudian diendapkan memakai HCI pada pH tertentu. Selain dihasilkan tepung ikan yang berprotein tinggi, juga tahan dalam penyimpanan karena selama proses kandungan air dan lemak ikut berkurang sampai kandungan airnya berkurang dari 10%. Proses hidrolisis memakai NaOH dilakukan pada kondisi suhu 60oC, waktu 2 jarm, pH = 3; dengan jumlah limbah ikan : 20 gram dan NaOH 0,5 N sebanyak 200 ml, akan diperoleh tepung ikan dengan kadar protein sekitar 38,82 %.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/e.v10i1.7613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Eksergi p-ISSN  1410-394X, e-ISSN 2460-8203,  is published by "Prodi Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta".

Contact  Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong catur Sleman Yogyakarta

 

 Creative Commons License

Eksergi by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lihat Statistik Jurnal Kami