PENURUNAN BOD DAN COD PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI SABLON

Dyah Tri Retno

Abstract


Limbah cair industri sablon merupakan salah satu pencemar lingkungan yang perlu mendapat perhatian khusus. Limbah cair tersebut jika berada dalam badan air akan menyebabkan matinya biota airyang berguna dan mikoorganisme hidup lainnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kandungan pencemar limbah tersebut dapat diturunkan dengan cara penambahan koagulan tawas sehingga
diharapkan aman dibuang dibadan sungai. Metode pengolahan limbah dalam penelitian ini adalah metode Kimia Fisika yaitu dengan penambahan koagulan dilanjutkan dengan pengadukan ( koagulasi - flokulasi) dan penyaringan. Variabel dalam penelitian ini adalah waktu pengadukan, perbandingan jumlali lirnbah dengan tawas, kecepatan pengadukan. Yang diamati dalam penelitian adalah BOD dan COD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi optimum yang diperoleh dari pengolahan limbah sablon dengan 1000 ml untuk tawas adalah waktu pengadukan 3 menit, perbandingan jumlah limbah dengan tawas yaitu 25 ml (untuk BOD) dan 30 ml ( untuk COD ) dengan kecepatan pengadukan optimum 100 rpm.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/e.v10i1.7615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Eksergi p-ISSN  1410-394X, e-ISSN 2460-8203,  is published by "Prodi Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta".

Contact  Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong catur Sleman Yogyakarta

 

 Creative Commons License

Eksergi by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lihat Statistik Jurnal Kami