EVALUASI KONSTANTA PERSAMAAN KARAKTER PHOTOVOLTAIC TYPE MULTI KRISTAL DENGAN METODE HOOKE-JEEYES

Tjukup Marnoto

Abstract


Persamaan karakter arus dan voltase (I-V) dari photovoltaik, mengandung beberapa konstanta, Persamaan ini dapat berlaku umum untuk meramalkan karakter (l-V) photovoltaic, apabila nilai-nilai konstanta diketahui. Penentuan nilai-nilai konstanta dilakukan berdasarkan dari data-data elsperimen yang dilakukan dengan variasi variabel yang berpengaruh. Nilai konstanta yang sesuai didapatkan dengan membandingkan data-hasil perhitungan'dengan data eksperimen menggunakan kaedah jumlah kuadrat kesalahan (SSE) minimum, proses ini dikenal sebagai optimasi (minimasi) persamaan nonlinier multi variabel. Pada tulisan ini akan dipaparkan optimasi regresi nonlinier multi variabel, dengan metoda pencarian langsung tanpa kendala (Hooke-Jebves method) dan algoritma maupun diagram alir program metode Hooke-Jeeves. Pemrograman
komputer dilakukan dengan bantuan bahasa program Scilab. Hasil optimasi diperoleh konstanta persamaan k1: 0.0065, k2= 0.006, k3=2858173 dan k4=12960. Persamaan model maternatik ini dengan konstanta tersebut dapat mewakili karakterist k photovoltaic type multikristal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/e.v10i1.7618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Eksergi p-ISSN  1410-394X, e-ISSN 2460-8203,  is published by "Prodi Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta".

Contact  Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong catur Sleman Yogyakarta

 

 Creative Commons License

Eksergi by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lihat Statistik Jurnal Kami