Pengaruh Perbedaan Jenis dan Konsentrasi Sumber Nitrogen (NaNO3 dan urea) terhadap Produksi Biomasa Spirulina Platensis

Iqbal Syaichurrozi, Yustinus Selis Toron, Sharfan Dwicahyanto, Wardalia Wardalia

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menginvestigasi pengaruh konsentrasi dan jenis sumber nitrogen pada medium kultivasi terhadap produksi biomasa dan kandungan biokimia (karbohidrat, protein, lemak) dalam biomasa Spirulina platensis. Jenis sumber nitrogen meliputi NaNO3 dan urea, dimana konsentrasinya divariasikan 0,5-3,5 g/L. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan urea cenderung menghasilkan biomassa S. platensis lebih banyak dibandingkan penggunaan NaNO3. Konsentrasi terbaik yang menghasilkan biomasa tertinggi adalah NaNO3 2,5 g/L (biomasa 0,6745 g/L) dan urea 0,5 g/L (biomasa 0,7158 g/L). Penggunaan urea juga cenderung menghasilkan laju pertumbuhan spesifik yang lebih besar dan waktu berganda yang lebih singkat dibandingkan penggunaan NaNO3. Konsentrasi sumber nitrogen yang tinggi menyebabkan pH medium dapat meningkat lebih cepat karena akumulasi ammonium di dalam medium. Penggunaan NaNO3 dapat menghasilkan biomasa dengan kandungan protein yang lebih tinggi (28,34-36,98%) dibandingkan penggunaan urea (25,86-33,52%).

Kata Kunci


medium kultivasi; NaNO3; protein; Spirulina platensis; urea

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/e.v20i2.9367

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

##plugins.generic.alm.title##

##plugins.generic.alm.loading##

Metrics powered by PLOS ALM



Eksergi ISSN-p  1410-394X, ISSN-e 2460-8203 diterbitkan oleh Prodi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

Sekretariat: Prodi Teknik Kimia UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condong catur Sleman Yogyakarta 55283

Creative Commons License


Eksergi by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index/ is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jumlah Pengunjung:

  web stats

View My Stats