Survei Bathimetri di Perairan Dangkal Menggunakan Wahana USV (Unmanned Surface Vehicle) Studi Kasus Sungai Ciliwung

Monica Pratiwi

Abstract


Perkembangan  teknologi dalam survey pemetaan  pada  masa  kini  berkembang sangat  cepat. Dimulai  dengan  alat-alat  yang  bersifat  manual  dan  konvensional,sekarang  banyak  teknologi survey pemetaan  yang bersifat  otomatis  dan  canggih.  Salah satunya yang berkembang saat ini adalah teknologi untuk survey bathimetry di perairan dangkal yaitu Unmanned Surface Vehicle (USV). Unmanned Surface Vehicle (USV) atau Autonomous Surface Vehicle (ASV) merupakan sistem kapal yang digunakan tanpa adanya campur tangan operator. USV dikendalikan secara otomatis dengan memberikan perintahperintah seperti waypoint, atau secara manual dengan menggunakan remote control dari Ground Control Station (GCS) ( Okta, 2017). Penelitian dilakuakan di sepanjang aliran Sungai Ciliwung yang mengalir Jakarta dari ancol hingga tebet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedalaman di sepanjang aliran sungai Ciliwung dan dapat membuat peta bathimetrinya

Keywords


Geodesi dan geomatika

Full Text:

PDF

References


Pradipta, R., Yuwono, B. D., & Sudarsono, B. (2018). ANALISIS KETELITIAN HUMMINBIRD HELIX 5 CHIRP SI GPS G2 DENGAN MENGGUNAKAN USV (Unmanned Surface Vehicle)(Studi Kasus: Waduk Pendidikan Diponegoro, Semarang). Jurnal Geodesi Undip, 7(3), 42-52.

Poerbandono, D. E., & Djunarsjah, E. (2005). Survei hidrografi. Refika Aditama. Bandung, 166.

Febrianto, T., Hestirianoto, T., & Agus, S. B. (2015). Pemetaan batimetri di perairan dangkal Pulau Tunda, Serang, Banten menggunakan singlebeam echosounder. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 6(2), 139-147.

Ferriska, O. (2017). Survei Batimetri di Perairan Dangkal dengan Menggunakan Wahana USV (Unmanned Surface Vehicle), HIMAGE USV I (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Anjasmara, I. M., & Ristanto, W. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN KETELITIAN POSISI HASIL PENGUKURAN GNSS DARI KOMBINASI SATELIT GPS, GLONASS, DAN BEIDOU. Geoid, 15(1), 97-105.




DOI: https://doi.org/10.31315/imagi.v2i1.7478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Monica Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.