Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Cengkeh Indonesia

Irene Kartika Eka Wijayanti, Ardhian Rachmanto

Abstract


Indonesia dikenal sebagai produsen cengkeh terbesar di dunia. Persaingan yang semakin ketat dan meningkatnya ekspor cengkeh di pasar Internasional mengharuskan Indonesia untuk menjadi lebih kompetitif dalam perdagangan Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing daya saing cengkeh Indonesia di pasar Internasional, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor komoditas cengkeh Indonesia serta bagaimana keterkaitan hubungan daya saing cengkeh Indonesia dengan negara-negara kompetitor lainnya. Metode penelitian menggunakan analisis data sekunder time series. Alat analisis yang digunakan yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis daya saing, analisis regresi linier berganda untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing cengkeh Indonesia dan korelasi Rank Spearman untuk menganalisis hubungan daya saing antar negara kompetitor. Hasil penelitian menunjukkan Indonesia memiliki nilai RCA rata-rata 15,47 dan diurutan ketiga sebagai negara dengan daya saing cengkeh yang kuat setelah Madagaskar dan Tanzania. Daya saing cengkeh Indonesia dipengaruhi oleh faktor volume ekspor cengkeh dan tingkat inflasi Indonesia serta memiliki hubungan daya saing yang berkorelasi negatif dan tidak searah dengan masing-masing negara kompetitor.


Keywords


cengkeh, keunggulan komparatif, daya saing, ekspor

Full Text:

PDF

References


Afrizal, A. (2021). Keunggulan Komparatif Ekspor Indonesia. JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7 (1), 29-46.

Dewi, C., Achsanulnashir, A., & Widiyono, W. (2021). Analisis Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia Di Pasar Internasional. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 24-30.

FAOSTAT. (2020). Crops Statistics. Retrieved from Food and Agriculture Organization of the United Nations website: http://www.fao.org/faostat/en/#data/QC.

Firdaus, M., & Harmini, A. F. (2011). Aplikasi Metode Kuantitatif Untuk Manajemen Dan Bisnis. IPB Press. Bogor

Hermawan, I. (2015). Daya Saing Rempah Indonesia Di Pasar ASEAN Periode Pra Dan Pasca Krisis Ekonomi Global. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan. https://doi.org/10.30908/bilp.v9i2.6.

Hidayah, M., Fariyanti, A., & Anggraeni, L. (2022). Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(3), 930-937.

Permatasari, I. G. A. I., & Rustariyuni, S. D. (2015). Analisis Daya Saing Ekspor Biji Kakao Indonesia ke Kawasan ASEAN periode 2003-2012. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 4(7), 855-872.

Pratama, A. P., Darwanto, D. H., & Masyhuri, M. (2020). Indonesian Clove Competitiveness and Competitor Countries in International Market. Economics Development Analysis Journal, 9(1), 39-54. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj

Pratama, A. P., & Darwanto, D. H. (2019). The Competitiveness of Indonesian Cloves Commodity In International Market. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 346(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/346/1/012067

Saptana, S. (2008). Keunggulan Komparatif-kompetitif dan Strategi Kemitraan. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 8(2), 44039.

Silaban, R. (2022). Pengaruh Nilai Tukar dan Inflasi terhadap Ekspor Non Migas di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomika, 6(1), 50-59.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. R&D. Alfabeta Bandung.

Sulistiyo, D., Kusaman, D., & Wijayanti, I. K. E. (2023). Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Dunia. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(1), 1177-1185.

Suprihanti, A., Yuliansyah, E., & Puspitaningrum, D. A. (2023). Analisis Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Ekspor Cengkeh Antara Indonesia dan Madagaskar Di Pasar Dunia. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 24(1), 98-111.

Suryanto, S., & Kurniati, P. S. (2022). Analisis Perdagangan Internasional Indonesia dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Intermestic: Journal of International Studies, 7(1), 104-122.

Trademap. (2020). Trade Statistics for International Business Development. Retrieved from International Trade Centre website:

https://www.trademap.org

The Observatory of Economic Complexity. (2022). Product in Country.

https://oec.world/

Tambunan, T. T.H., (2004). Globalisasi dan Perdagangan Internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tambunan, T., & Simon, K. (2004). Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran, Teori Dan Temuan Empiris. LP3ES Jakarta.

Tupamahu, Y. M. (2015). Analisis Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia di Kawasan ASEAN dan Dunia. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 8(1), 27-35.

Wahyuningsih, S. N., Budiarto, B., & Juarini, J. (2020). Analisis daya saing dan trend ekspor CPO Indonesia di Pasar India dan China. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 1-13.

Zenti, A., Satriani, R., & KE, A. H. (2021). Comparative Advantage Analysis of Indonesia’s Clove (Syzygium aromaticum) Export in International Market. In 1st International Conference on Sustainable Agricultural Socio economics, Agribusiness, and Rural Development (ICSASARD 2021) (pp. 120-124). Atlantis Press.

Zuhdi, F., & Rambe, K. R. (2021). Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia di Pasar Global. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 17(2), 165-173




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v24i2.10021

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v24i2.10021.g6033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irene Kartika Eka Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.