STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA PEMASOK PADA RANTAI PASOK BAWANG GORENG DI KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Sopiah Dwimulyani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Yayat Rahmat Hidayat Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Umi Trisnaningsih Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.31315/jdse.v25i1.11993

Keywords:

Komitmen Hubungan, Kualitas Hubungan, Kinerja Rantai Pasok, Kepercayaan

Abstract

Menjaga keberlangsungan rantai pasok merupakan salah satu hal penting dalam upaya meningkatkan kinerja rantai pasok. Rantai pasok melibatkan siklus lengkap bahan baku mulai dari pemasok, produksi, gudang, distribusi, hingga konsumen pada industri makanan bawang merah goreng. Pemasok berperan dalam memastikan kelancaran proses produksi dan produk yang dihasilkan dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen, kepercayaan, dan kualitas hubungan secara simultan terhadap kinerja pemasok pada rantai pasok bawang merah goreng di Kabupaten Kuningan. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen, kepercayaan, dan kualitas hubungan secara parsial terhadap kinerja pemasok pada rantai pasok bawang merah goreng di Kabupaten Kuningan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif dengan teknik survei dengan objek penelitian adalah supplier pabrik bawang goreng di Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian membuktikan bahwa komitmen, kepercayaan, dan kualitas hubungan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasok pada rantai pasok Bawang Goreng di Kabupaten Kuningan. Selain itu, komitmen, kepercayaan, dan kualitas hubungan secara parsial juga mempengaruhi kinerja pemasok pada rantai pasok Bawang Goreng di Kabupaten Kuningan. Dengan hasil penelitian tersebut, penting bagi perusahaan untuk menjalin kemitraan usaha dengan petani produsen/pemasok guna membangun komitmen, kepercayaan, dan hubungan yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan kinerja pemasok.

Author Biographies

Sopiah Dwimulyani, Universitas Swadaya Gunung Jati

Program Studi Agribisnis

Yayat Rahmat Hidayat, Universitas Swadaya Gunung Jati

Program Studi Agribisnis

Umi Trisnaningsih, Universitas Swadaya Gunung Jati

Program Studi Agroteknologi

References

Akbar, P. G., Henmaidi, H., & Amrina, E. (2016). Usulan Indikator Evaluasi Pemasok dalam Penetapan Bidder List: Studi Kasus Pengadaan Jasa PT. Semen Padang. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(1), 39.

Astuti, M., & Nurdin, R. (2020). Design of The Performance Evaluation of Suppliers at UKM Weedang Uwuh Based on Multi Attribute Decision Making (MADM). Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 12(2), 151–158.

Aziza, S. R. (2020). The Influence of Buyer-Supplier Commitment , Trust , and Cooperation on the Business Performance of Consumer Goods MSMEs in Yogyakarta.

Bernard, S. F. (2011). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Hubungan Terhadap Kinerja Rantai Pasokan (studi kasus pada PT. Industri Jamu Cap Jago Semarang). 1, 30.

Christofer, A., & Memarista, G. (2019). Pengaruh Kerjasama Dengan Pemasok dan Konsumen Terhadap Keberhasilan Kewirausahaan Melalui Inovasi Pada Ikm Logam Di Ngingas Kabupaten Sidoarjo. Agora, 7(1), 1–7.

Indrajaya, D. (2014). Strategi Manajemen Rantai Pasokan Pada Industri Manufaktur Dengan Produksi Terbatas. 408–414.

Juniarto, T., Negara, P. P. S., & Wahyudi, B. (2021). Pengaruh Kinerja Pemasok Terhadap Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) pada PT. Tiga Serangkai. Integrasi Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(1), 24–31.

Leppe, E. P., Karuntu, M., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2019). Analisis Manajemen Rantai Pasokan Industri Rumahan Tahu Di Kelurahan Bahu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 201–210.

Muhammad, M. R., & Jacky S. B. Sumarauw. 2014. Evaluasi Kinerja Manajemen Rantai Pasok Pada Pemasok Daging Ayam, Jeky Pm. Emba, 2(4),195202.

Septarianes, S. 2020. Strategi Peningkatan Kinerja Dan Keberlanjutan Rantai Pasok Agroindustri Kopi Robusta Di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(2), 207–220.

Seuring M dan Muller M. 2008. Core issues in sustainable supply chain management – a Delphi study. Business Strategy and the Environment. 17(8): 455-466.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA.

Swita, A. (2021). Rantai Pasok Pangan untuk Pelaku Bisnis Kuliner. Food.ID. https://food.id/feeds/rantai-pasok-pangan-untuk-pelaku-bisnis-kuliner

Talumewo, P. O. E., Kawet, L., & Pondaag, J. J. (2014). Analisis Rantai Pasok Ketersediaan Bahan Baku Di Industri Jasa Makanan Cepat Saji Pada Kfc Multimart Ranotana. Jurnal Emba, vol.2 no.3(1), 1584–1591.

Tungjitjarurn, W., Suthiwartnarueput, K., & Pornchaiwiseskul, P. (2012). The Impact of Supplier Development on Supplier Performance: the Role of Buyer-Supplier Commitment, Thailand. European Journal of Business and Management, 4(16), 183–194.

Downloads

Published

2024-06-30