PENERAPAN PRINSIP KEMITRAAN PADA U.D. PANTIBOGA NATURAL FOOD SPECIALIST DENGAN RAHMA JAYA HERBAL DI KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR

Rochmat Musthofa, Daru Retnowati, Vandrias Dewantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola kemitraan yang diterapkan dalam hal proses  pemasaran  produk  antara  UD  Pantiboga  dengan  Home  Industry  Rahma  Jaya Herbal dan kemudian mengkaji penerapan prinsip kemitraan dalam program kemitraan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penentuan informan yaitu purposive dengan informannya adalah pemilik UD Pantiboga dan Pemilik Home Industry Rahma Jaya Herbal. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknis analisis data yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, penarikan kesimpulan, dan penyajian data. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  pola  kemitraan  yang  diterapkan  oleh  UD  Pantiboga dengan Home Industry Rahma Jaya Herbal dalam kerjasama proses pemasaran produk adalah termasuk ke dalam pola kemitraan dagang umum. Pola kemitraan dagang umum antara UD Pantiboga dengan Home Industry Rahma Jaya Herbal merupakan kemitraan usaha karena sudah menerapkan prinsip-prinsip kemitraan akan tetapi belum maksimal disebabkan oleh tanggung jawab mengenai keamanan kemasan produk dan tidak adanya kesepakatan tertulis berlandaskan hukum dalam menjalin kemitraan yang berpotensi terjadinya pelanggaran dikemudian hari.


Full Text:

PDF

References


Azhari, Azril. (2000). Kemitraan Agribisnis Tiga Tungku. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 15 (2) : 186-200.

Bejawi, T dan R. D. Hamilton. (2012). The Effect of External Social Resources On Firm Patent Performance : The Impact of Boards, Partnership, and Geographic Proximity. Journal of Business and Entrepreneurship, Fall 2012: 43 – 62.

Creswell. (2015). Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan. (2015). Pola Kemitraan Agribisnis. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hidayat. (2014). Bisnis Memasarkan Produk Herbal. Diakses dari http://www.bisnishack.com/2014/09/7-cara-memasarkan-bisnis-produk- herbal.html.

Kaihatu, T.S. (2006). Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 1-9. Doi: http://jmk.petra.ac.id/repository/transfer/MAN06080101.pdf

Purba, E.A. (2008). Analisis Penerapan Strategi Kemitraan terhadap Kinerja Perusahaan Biro Teknik Listrik (Studi Empiris pada Hubungan PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY Area Pelayanan dan Jaringan Semarang dengan Perusahaan Biro Teknik Listrik (BTL) di Wilayah Kerja APJ Semarang). Jurnal Bisnis Strategi, 17 (2), 197-202.

Rudiyanto, A.A. (2014). Pola Kemitraan Koperasi Sejahtera Abadi dalam Meningkatkan Keuntungan Petani Cabai. JEJAK : Journal of Economics and Policy, 7 (2), 100-202. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/jejak.v7i1.3596

Supriyati., dan Roosganda E. (2009). Pensejahteraan Petani dan Pengembangan Agribisnismelalui Pengembangan Kelembagaan Kemitraan dalam Pemasaran Cabai Merah. Seminar Nasional Peningkatan Daya Saing Agribisnis Berorientasi Kesejahteraan Petani. Bogor.

Wulandari, S., Murwani, S.I. (2018). Pola Kemitraan dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pembangunan, 5(2), 171-190.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL DINAMIKA SOSIAL EKONOMI ISSN 1411-593X (print) , ISSN 2721-3137 (online)