ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX 7-P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI THIWUL AYU MBOK SUM
DOI:
https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix 7-p) yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, procces terhadap keputusan pembelian Thiwul Ayu Mbok Sum; 2) menganalisis rumusan strategi pemasaran di Thiwul Ayu Mbok Sum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan sampel dilakukan secara sampling incidental yang berjumlah 120 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner dan observasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan variabel eksogen meliputi Product, Price, Promotion, Place, People, Physical Evidence, Procces, sedangkan purchase decision sebagai variabel endogen. Hasil penelitian ini menunjukkan ini bahwa bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, procces) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh tertinggi didominasi oleh variabel physical evidence dengan nilai estimate 0.112 dan pengaruh terendah adalah variabel price dengan nilai estimate 0,095. Rumusan strategi pemasaran yang didapatkan yaitu mempertahankan desain tata ruang di Thiwul Ayu Mbok Sum.References
Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 1(2), 143-161.
Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Imelda, S., Huwaida, H., Rofi’i. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mobil Toyota pada CV Sentral Motor Banjarmasin. Jurnal INTEKNA, 16(1), 69-76
Kline, R.B. (2011). Principle and Practice of Structural Equation Modeling Third Edition. New York: Guilford Press
Kotler, P dan Armstong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lin, S. M. 2011. Marketing Mix (7P) and Performance Assessment of West-ern Fast Food Industry in Taiwan: An Application by Associating DEMATEL and ANP. African Journal of Business Management, 5(26), 10634-10644.
Mandasari, D.J., Widodo, J., Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128.
Nurseto, S. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada UKM Furniture Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 103-107.
Pertiwi, M.I., Yulianto, E., Sunarti. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37 (1), 179-186.
Sari, I.P., Medyani, T.E. (2018). Harga dan Physical Evidence terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Upnormal. Journal Sosio E-kons, 10(2), 115-120.
Selang, C.A.D. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 71-80.
Soekartawi. (2001). Pengantar Agroindustri. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wijanarko, F. (2017). Analisis Hubungan Moda Transportasi Ojek Onlne, Ojek Pangkalan, dan Angkutan Umum Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Skripsi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
