EFISIENSI ALOKATIF PEMBESARAN IKAN MUJAIR DI DESA KEBOCORAN KECAMATAN KEDUNG BANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Veninda Ayu Utami, Agus Santosa, Budiarto Budiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis faktor-faktor produksi usaha pembesaran ikan mujair Kelompok Pembudidaya Ikan Ulam Sari Makmur, 2) menganalisis penggunaan faktor-faktor produksi yang optimum pada usaha pembesaran ikan mujair Kelompok Pembudidaya Ikan Ulam Sari Makmur. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive method. Metode pengambilan responden yang digunakan adalah sensus. Untuk menganalisis pengaruh dari faktor-faktor produksi menggunakan analisis fungsi produksi cobb-douglas  dengan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk menganalisis tingkat optimasi penggunaan faktor-faktor produksi menggunakan analisis efisiensi alokatif. Hasil penelitian yang dilakukan pada Kelompok Pembudidaya Ikan Ulam Sari Makmur di Desa Kebocoran, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas menunjukkan bahwa 1) benih dan pakan pelet memiliki pengaruh positif terhadap produksi ikan mujair, sedangkan dolomit dan tenaga kerja tidak memiliki pengaruh terhadap produksi ikan mujair, 2) penggunaan faktor produksi benih dan pelet tidak optimum, perlu dilakukan penambahan input sehingga jumlah input optimumnya menjadi sebesar 66,8 kg/150 m2 dan 173,7 kg/150 m2. Penggunaan faktor produksi dolomit dan tenaga kerja belum optimum, perlu dilakukan pengurangan input sehingga jumlah input optimumnya sebesar 3,70 kg/150 m2 dan -0,62 hok.

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional. 2009. SNI Pembesaran Ikan Kelas Pembesaran di Kolam Air Tenang. Bogor: Badan Standardisasi Nasional.

Fajriati, Aprilia. 2018. Analisis Efisiensi Produksi Budidaya Ikan Nila Merah di Kabupaten Klaten. Jurnal Peran Keanekaragaman Hayati untuk Mendukung Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia, 2 (1) : 65-74.

Hidayatullah, Arief. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Ikan Mas di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sengai Utara. Jurnal Al Ulum Sains dan Teknologi, 2 (1) : 14-19.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2017. Laporan Tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Negara, A. A. Ngurah Bagus Surya. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produksi Budidaya Ikan Lele di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6 (2) : 755-788.

Prahasta, Arief. 2009. Budidaya Usaha Pengolahan Agribisnis Ikan Mujair. Bandung: Pustaka Grafika.

Pudjiharta, A. 2009. Pengaruh Penggunaan Lahan Hutan Terhadap hasil Air di Baturraden. Jurnal Penelitian Hutan dan Konversi Alam, 7 (2), 119-126.

Riani. 2018. Analisis Efisiensi Alokatif Usaha Tani Tambak Ikan Bandeng (Chanos Chanos F) Di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal AGRIFO, 3 (1), 69-78.

Soekartawi. 2016. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Sumartin. 2017. Efisiensi Faktor-Faktor Produksi Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo (Clarias garipenus): Studi Kasus Pada Alumni Peserta Pelatihan Budidaya Ikan DI BPPP Banyuwangi. Samakia: Jurnal Ilmu Perikanan, 8 (2) :06-16.

Sumartin. 2018. Analisis Efisiensi Faktor-Faktor Produksi Usaha Budidaya Ikan Patin (Pangisius pangasius) Studi Kasus Pada Alumni Peserta Pelatihan Budidaya Ikan Di BPPP Banyuwangi. Intek Akuakultur, 2 (1) : 16-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL DINAMIKA SOSIAL EKONOMI ISSN 1411-593X (print) , ISSN 2721-3137 (online)