PERAN STAKEHOLDERS DALAM PENGELOLAAN HUTAN RAKYAT (STUDI KASUS PADA KTH GUNUNG BUJEL ASRI DESA SIDOHARJO KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO)

Gryana Rakhmatullah, Daru Retnowati, Teguh Kismantoroadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Mengkaji pengelolaan hutan rakyat Madigondo oleh Kelompok tani hutan rakyat Gunung Bujel Asri di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogro (2) Mengkaji peran stakeholders dalam pengelolaan hutan rakyat Madigondo di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo (3) Mengkaji hasil kegiatan setelah adanya tiga kelola hutan di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan yaitu studi kasus. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan keabsahan data yang diperoleh akan diuji dengan teknik triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa (1) Pengelolaan hutan rakyat Madigondo oleh KTH Gunung Bujel Asri dilakukan  melalui kelola kelembagaan, kelola kawasan, dan kelola usaha (2) Stakeholders yang berperan dalam pengelolaan hutan rakyat Madigondo yaitu Dinas Kehutanan dan Perkebunan D.I.Yogyakarta, BPDASHL Serayu Opak Progo, dan PUPR D.I.Yogyakarta (3) Tiga kelola hutan memberikan dampak yang postif pada segi ekologi hutan rakyat, ekonomi, dan sosial budaya masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Alviya I., Suryandari E.Y., Maryani R., Muttaqin M.Z. 2016. Meningkatkan Peran Pemangku Kepentingan Dalam Pengelolaan Wilayah Hulu Daerah Aliran Sungai Ciliwung. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 13 (2) : 121-134.

Mahfud M.A.Z, Haryono B.S, dan Anggraeni N.L.V. 2014. Peran dan Koordinasi Stakeholder dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3 (12) : 2070-2076.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sudiana E, Hanani N, Yanuwiadi B, Sumarno. 2009. Pengelolaan Hutan Rakyat Berkelanjutan Di Kabupaten Ciamis, 17 (3): 543-555.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Wakka AK., Awang S.A., Purwanto R.H, dan Poedjirahajoe E. 2013. Analisis Stakeholder Pengelolaan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Manusia dan Lingkungan 20 (l) : 11-21.

Wakka, A.K. 2014. Analisis Stakeholder Pengelolaan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Mengkendek Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea, 3 (1) : 47 – 55.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3486

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3486.g2634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.