ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KEDAI ORGANIK KOLONDJONO, CONDONGCATUR, YOGYAKARTA

Ramos Mitrand Gultom, Budiarto Budiarto, Heni Handri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh faktor kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Organik Kolondjono 2) Menganalisis kesesuaian antara kinerja (performance) Kedai Organik Kolondjono dan kepentingan (importence) konsumen                               3) Menganalisis indikator kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan yang menjadi prioritas utama perbaikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen berdasarkan Importence Performance Analysis (IPA) dengan diagram kartesius. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode survei dan penentuan responden dengan metode accidental sampling. Macam data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda, dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kedai Organik Kolondjono 2) Secara keseluruhan kinerja Kedai Organik Kolondjono lebih kecil dari kepentingan konsumen. Artinya, kepentingan konsumen belum semuanya terpenuhi 3) Indikator yang menjadi prioritas utama perbaikan adalah menu yang bervariasi, kesesuaian harga dan kualitas, keterjangkauan harga, keakuratan pelayanan, kecepatan, ketepatan pelayanan, keramahan pelayan dan tingkat kepedulian pelayan.


Full Text:

PDF

References


Asri, Marwan. (2010). Marketing. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Herlawati, Poppy. (2015). Metode Regresi Linear Berganda Kualita Super Member Supermall Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Pada Supermall Karawang. Bina Insani ICT Journal, 2 (2), 103, 2355-3421.

Hifadri, (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Mienampol. Skripsi. IPB

Indrajaya, Sonny. (2016). Analisa Pengaruh Kemudahan Belanja, Kualitas Produk Belanja di Toko Online. Neliti Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 5 (2), 134-141.

Lumintang, Joyce, Merlyn. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA, 6 (3), 1778-1787

Mulyadi. (2012). Riset dan Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi dan Komunikasi Media, 16 (1), 73, 2407-6015.

Purnamasari, Yulia. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5 (1), 7.

Suhendra, Ardhi. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis. Rekaracana Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2 (2), 63.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3488

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3488.g2636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.