ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI LUWAK MATARAM

Rossa Dea Rosita, Budiarto Budiarto, Teguh Kismantoroadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses terhadap keputusan pembelian kopi luwak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan sampel dilakukan secara sampling incidental berjumlah 50 responden. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, proses) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh tertinggi didominasi oleh variabel promosi dan pengaruh terendah adalah variabel orang. Variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses masing-masing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kopi luwak. Sedangkan untuk variabel bukti fisik secara individu tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kopi luwak. Rumusan strategi pemasaran yang didapatkan yaitu mempertahankan promosi dan kualitas Kopi Luwak Mataram sesuai dengan harganya.

                                                                                  

Kata kunci: Bauran pemasaran, Keputusan Pembelian, Kopi Luwak, Bantul


Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Lilik. 2019. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Thiwul Ayu Mbok Sum Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul). Fakultas Pertanian. Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Yogyakarta.

Andriyanto, L., Syamsiar, S., Widowati, I. 2019. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing mix 7-P) terhadap Keputusan Pembelian di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 20 (1) : 26-38.

A.S.S., Widodo, J., Zulianto, M. 2019. Strategi Bauran Pemasaran pada Pb. Dua Putradi Desa Ajung Kecamatan Kalisat Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 13 (1) : 72-77. DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10423.

Hermawan, Haris. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. 1 (2) : 84-93.

Jutisa, D.D., Widodo, J., Wahyuni, S. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Jasa Bimbingan Belajar Primagama. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosia. 12 (2) : 214-220. DOI: 10.19184/jpe.v12i2.8507.

Noor, Agus Mentari. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran 7(P) terhadap Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Jasa Hotel Grand Sawit di Samarinda. eJournal administrasi bisnis. 4 (4) : 1031-1045.

Suriana, Neti. 2013. Pengertian dan Proses Kopi Luwak. https://www.puncakbukit.net/2013/07/kopi-luwak-pengertian-dan-proses.html. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018.

Sutrisno, N.A.R.A., Widodo, J., Zulianto, M. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 12 (2) : 259-263. DOI: 10.19184/jpe.v12i2.8568.

Ulfa, E.A., Ngesti, R., Djaja, S. 2018. Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hidup Petani Kopi di Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 12 (1) : 116-121. DOI: 10.19184/jpe.v12i1.7619.

Widodo. 2003. Bioteknologi Industri Susu. Depok : Lacticia Press.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i1.3941

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i1.3941.g2977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.