ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TELUR DI PERSADA FARM DUSUN ARGOPENI DESA SUDIMORO KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

Indah Kuswardani, Ni Made Suyastiri Yani Permai, Heni Handri Utami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerusakan dominan pada produk telur ayam, menganalisis batas tingkat kerusakan produk telur ayam dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan telur ayam yang meliputi tenaga kerja, metode, mesin, bahan baku, dan lingkungan. Metode penelitian adalah deskriptif dengan metode pelaksanaan survei. Responden ditentukan dengan metode purposive. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk mengetahui tingkat kerusakan dominan menggunakan lembar periksa, histogram dan pareto, teknik analisis untuk menganalisis batas tingkat kerusakan menggunakan peta kendali-P dan teknik analisis untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan telur ayam menggunakan diagram tulang ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan produk telur ayam didominasi oleh produk telur putih dengan persentase total adalah 3,4% telur putih. Pengendalian tingkat kerusakan telur ayam di luar kendali menyebabkan kerusakan lebih dari batas kendali perusahaan 5%. manusia (kelalaian dan ketidakdisiplinan karyawan), metode (meletakkan jumlah ayam dalam kandang baterai), mesin (kandang ayam tidak cocok untuk digunakan dan tempat pakan rusak), bahan baku (telur diinjak oleh ayam, kanibal antara ayam, ayam memakan telur) dan lingkungan (hama tikus, perubahan cuaca dan kebersihan kandang) adalah faktor yang mempengaruhi kerusakan telur ayam.

 

Kata kunci : Kualitas, Pengendalian, Telur Ayam, Tingkat Kerusakan


Full Text:

PDF

References


Andespa, Ira. (2019). Analisis Pengendalian Mutu Dengan Menggunakan Statistical Quality Control (SQC) Pada PT.Pratama Abadi Industri (JX) Sukabumi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 9, (2), 129-160.

Arifianti, Ria. (2013). Analisis Kualitas Produk Sepatu Tomkins. Jurnal Dinamika Manajemen. 1, (4), 46-58.

Choir, Fikron Al. (2018). Pelaksanaan Quality Control Produksi Untuk Mencapau Kualitas Produk Yang Meningkat(Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang). Jurnal Manajemen Pemasaran. 4 (1), 1-20.

Ginting, Rosnani. 2007. Sistem Produksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu : Yogyakarta

Mahid D. A, Saharuddin K, Syamsuddin. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Telur Ayam Pada UD Amina Kelurahan Petobo di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen. 4, (3), 271-280.

Purnomo, Heri dan Lilia P.R. (2018). Analisis Pengendalian Produk Cacat Dengan Metode Four Quality Control (4QC) Tools. Jurnal Akademika. 1 (16) 75-81

Yani, Ari Soeti. (2018). Analisis Pengawasan Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode P-Chart Untuk Meminimalkan Tingkat Kerusakan Produk Pada UKM Sepatu. Jurnal For Business and Enterpreneur. 2, (1), 54-64.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3949

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3949.g2984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.