ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA LESEHAN ALDAN PERUMNAS CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Happy Bornyarso, Budiarto Budiarto, Agus Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Lesehan Aldan, (2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada Lesehan Aldan. Penelitian ini menggunakan metode dasar penelitian deskriptif. Metode pelaksanaan menggunakan metode studi kasus. Metode pengambilan responden menggunakan teknik sampling insidental, dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Macam data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data untuk menganalisis pengaruh antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Lesehan Aldan menggunakan regresi linier berganda dan teknik untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada Lesehan Aldan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil yang diperoleh menunjukkan, (1) Kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Lesehan Aldan (2) Tingkat kepuasan konsumen pada Lesehan Aldan menunjukkan konsumen merasa tidak puas berdasarkan kesesuaian antara kepentingan dan kinerja pada Lesehan Aldan. Lesehan Aldan disarankan mempertahankan kinerja berupa kebersihan lokasi, pelayanan baik dari awal-akhir, ketepatan penyajian, kecepatan penyajian, dan keramahan karyawan, serta memperbaiki kinerja berupa citarasa produk, konsistensi rasa, dan kandungan gizi produk untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Kata kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Guntur, Effendi M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.

Anggraini, Lulu Dian, Deoranto P, Ikasari D.M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Industri. 4 (2). 74-81.

Gunawan, Ayumi Fitriani dan Priatna, Wahyu Budi. (2017). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Happy Cow Steak Bogor Jawa Barat. Jurnal Forum Agribisnis. 5 (2), 139-158.

Hardyasar, Arthurm Mandei J.R, Dumais J.N.K. (2017). Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Pondok Hijau Kota Manado. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat. 13 (3). 157-172.

Mona, Margaretha G, Kekenusa J.S, Prang J.D. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Jurnal Ilmiah JdC. 4 (2). 197-203.

Montung, Pamela, Sepang J, Adare D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggandi Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 15 (5). 678-689.

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Tombeng, Brigitte, Roring F, Rumokoy F.S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA. 7 (1): 891-900.

Winanda, Ariani Putri dan Sriyanto. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Metode Servqual (Service Quality) dan Ipa (Importance Performance Analysis) (Studi Kasus Restoran Olive Fried Chicken). Industrial Engineering Online Journal. 5 (4): 1-6.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3951

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3951.g2986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.