PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN DI DUSUN SINGOSAREN DESA WUKIRSARI KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL

A'mas 'Ainun Rofiq, Eko Murdiyanto, Daru Retnowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pemberdayaan masyarakat melalui Program Peduli Lingkungan di Dusun Singosaren, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Tujuan diciptakannya Program Peduli Lingkungan adalah untuk menyadarkan masyarakat di Dusun Singosaren untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah lagi ke dalam Selokan Tansah Bedjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan studi kasus dan pengambilan informan secara purposif dengan informan Wakil Ketua Kelompok Pemuda Tansah Bedjo, anggota Kelompok Pemuda Tansah Bedjo dan warga di Dusun dengan Wakil Ketua Kelompok Pemuda Tansah Bedjo dan anggota Kelompok Pemuda Tansah Bedjo sebagai Informan kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang diperoleh diuji dengan triangulasi teknik pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui Program Peduli Lingkungan di Dusun Singosaren, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul telah mencapai tahap pemberian daya. Saran yang dapat diberikan untuk Program Peduli Lingkungan yaitu sebaiknya Kelompok Pemuda Tansah Bedjo selaku fasilitator program menciptakan atau mengadakan kegiatan pengolahan ikan hasil panen dari Selokan Tansah Bedjo terhadap ibu-ibu di Dusun Singosaren sehingga dapat menambah pendapatan mereka dan keluarganya, serta kegiatan tersebut dapat menjadi pengganti kegiatan pembuatan sabun dari minyak goreng bekas atau kegiatan Daulat Dapur yang sudah tidak terdapat keberlanjutan. 

 

 Kata Kunci

:

Dusun Singosaren, Kelompok Pemuda Tansah Bedjo, Pemberdayaan, Program Peduli Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Dwidjowijoto, N. Riant dan Wrihatnolo R. Randy. (2007). Manajemen Pemberdayaan. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Dwiyanto dan Jemadi. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kapasitas dalam Penanggulangan Kemiskinan Melalui PNPM Mandiri Perkotaan. Jurnal MASKIPRENEUR. 3 (1). 36-61.

Endah, Kiki. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Jurnal Moderat. 6 (1). 135-143.

Miles, M. B. & Huberman A. M. (1982). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta. Penerbit Universitas Indonesia.

Nugroho, Bagas Prasetyo. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly Melalui Pengembangan Wirausaha Oleh Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 5 (2). 1-11.

Pressman, Jeffrey dan Wildavsky, Aaron. 1982. Bureaucracy and Policy Implementation. Los Angeles. University of California Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. PT. Alfabet.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabet.

Suyatno, Adi dan Utami Dewi S. I. P., M. PP. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Minapadi Di Kecamatan Seyegan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. 7 (1). 1-14.

Wahyuni, Dinar. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 9 (1). 83-100.

Widjajanti, Kesi. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 12. 15-27.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3952

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3952.g2987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.