PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG AGRODI PILAHAN KOTA YOGYAKARTA

Nicka Adelia Audianawati, Teguh Kismantoroadji, Daru Retnowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan interaksi sosial masyarakat di Kampung Agro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dipilih karena Kampung Agro merupakan wilayah perkotaan yang mampu mengelola program ketahanan pangan yaitu Kampung Agro. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah Rejowinangun tahun 2010-2015, Lurah Rejowinangun tahun 2015-2020, Sekretaris Kampung Wisata Cluster Rejowinangun, PPL dan ketua Kampung Agro karena yaitu orang yang terlibat langsung dalam pelaksanaan program. Sumber Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengkaji tujuan penelitian yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perubahan interaksi sosial masyarakat dapat dilihat dari kontak sosial yang meliputi kontak sosial primer, kontak sosial sekunder langsung dan kontak sosial sekunder tak langsung. Sedangkan komunikasi sosial yang meliputi alat untuk bertinteraksi, pola pikir masyarakat, dan organisasi sosial. Bentuk perubahan interaksi sosial yang terjadi di Kampung Agro merupakan perubahan asimilasi yang bersifat asosiatif. Hal ini terlihat dari perubahan interaksi sosial yang mengarah pada penyatuan masyarakat Kampung Agro

 

Kata kunci: Perubahan, Interaksi Sosial, Masyarakat, Kampung Agro Yogyakarta


Full Text:

PDF

References


Mudjiono, Yoyon. (2012). Komunikasi Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(1), 99-112.

Mulyadi, M. (2015). Perubahan Sosial Masyarakat Agraris Ke Masyarakat Industri Dalam Pembangunan Masyarakat Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Bina Praja. 7(4), 311-322.

Mulyaningsih, I.E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20(4), 441-451.

Sihabudin, Ahmad. (2010). Pengaruh Interaksi Sosial Komunitas Adat Budaya Luar Terhadap Persepsinya pada Kebutuhan Keluarga. Jurnal Penyuluhan. 6(1), 96-107.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3953

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v21i2.3953.g2988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.